UPR Siap Wujudkan Kalteng Jadi Tuan Rumah PON

Wakil Rektor Universitas Palangka Raya Bidang Perencanaan dan Keuangan Prof Sulmin Gumiri.

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR), menyatakan siap mewujudkan Kalimantan Tengah (Kalteng) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON). Sebab pada tahun anggaran 2019, universitas terbesar, dan tertua di Kalteng itu, akan mulai membangun pusat olahraga (sport centre) di lingkungan kampus.

“Keinginan membangun stadion olahraga cita-cita rektor terdahulu, pada masa Prof Ali Hazmi. Pada saat itu, kita sudah punya visi besar di Kalteng, menjadi tuan rumah PON,” ujar Wakil Rektor UPR Bidang Perencanaan dan Keuangan Prof Sulmin Gumiri, Jumat (28/12).

Untuk itu, jelas Sulmin, di bawah kepemimpinan Rektor UPR DR Andrie Elia SE MSi, keinginan itu tampaknya akan segera terwujud. Karena, Rektor memerintahkan pihak terkait untuk membangun fasilitas olahraga bertaraf nasional. Fasilitas itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk penyelenggaraan PON.

“Masterplannya sudah ada, dan sudah dibangun stadion, tetapi akhirnya mangkrak. Sekarang, kita mau melanjutkan pembangunan stadion yang mangkrak. Saya akan ke Jakarta menghadap langsung Menpora menyampaikan rencana besar itu,” tandasnya.

Prof Sulmin menjelaskan, sarana olahraga kampus akan dibangun pada areal seluas 10 hektare. Nantinya akan dibangun sarana olahraga mulai stadion, lapangan voli, basket, tennis, gedung in door, maupun out door. Dengan begitu, keinginan Kalteng menjadi tuan rumah PON akan terwujud.

Keberadaan stadion mini, akan dirubah menjadi ruang terbuka hijau UPR atau menjadi tempat orang-orang bermain, bersosialisasi dan lainnya. Itu dilakukan, karena UPR akan menuju kampus yang tersosialisasi kepada masyarakat, serta kepada siapapun yang berkunjung ke Palangka Raya.(redaksi)

Berita Terkait