UPR Targetkan Prodi Berakreditasi Internasional

98 persen Prodi sudah Re- Akreditasi

Uprjayaraya.com
Palangka Raya,
Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr. Andrie Elia, SE., M.Si., menargetkan di tahun 2021 ini seluruh Program Studi (Prodi) di UPR dapat melakukan upaya peningkatan akreditasinya masing-masing.

Dikatakan Dr. Andrie Elia, pada tahun 2021 ini sudah melakukan re-akreditasi, diantaranya ialah Prodi Kimia dan Prodi Biologi di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UPR, sudah berhasil meraih akreditasi baik.

“Jika dipresentasikan, sudah mencapai 98 persen. Sehingga, harapannya di akhir tahun 2021 ini, re-akreditasi program studi di UPR bisa mencapai 100 persen,” kata Dr. Andrie Elia belum lama ini.

Lanjut Ketua Pengurus Daerah KAGAMA Provinsi Kalimantan Tengah ini mengutarakan bahwa di tahun 2022 mendatang, setidaknya ada salah satu Prodi di UPR yang bisa memiliki akreditasi Internasional. Dimana, pada tahun 2022 nanti, harapannya secara institusi akreditasi UPR bisa meraih akreditasi Unggul.

Secara institusi, saat ini UPR masih berakreditasi baik. Yang mana, untuk syarat bisa mendapatkan akreditasi unggul itu sendiri, setidaknya ada 5 (lima) Prodi di UPR yang memiliki akreditasi Internasional.

“Apabila nanti di tahun 2022 nanti, ada 5 Prodi yang bisa meraih akreditasi Internasional, maka tidak menutup kemungkinan maka secara institusi, UPR bisa meraih akreditasi Internasional,” ujarnya.

Selain menargetkan agar seluruh Prodi dapat meningkatkan akreditasinya masing-masing, Andrie Elia kembali mengatakan bahwa pihaknya di tahun 2022 juga memiliki target untuk menjadikan UPR sebagai pusat Inovasi dan IPTEK Gambut Internasional.

“Untuk itu, kita akan terus berjuang untuk bisa memperoleh sertifikat tersebut. Harapan saya, pada tahun 2022 mendatang, UPR bisa Go Internasional,” katanya menambahkan.

Dirinya juga menambahkan bahwa upaya yang sudah dilakukan, yakni pihaknya sudah membangun ‘pondasi-pondasi’ yang mendukung ke arah pencapaian target tersebut.

Hal lainnya juga, menjadi ‘secercah harapan’ yakni animo masyarakat untuk masuk bergabung dan menjadi mahasiswa di UPR, baik itu melalui jalur undangan atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilaksanakan melalui Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) serta jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) wilayah Barat, pada tiap tahunnya menunjukkan peningkatan.

“Adanya hal tersebut, tentunya semakin memantapkan keyakinan dan optimisme kami bahwa UPR di tahun 2022 mendatang, bisa mewujudkan target pencapaian tersebut.” tandasnya. (Rul)

Berita Terkait