UPR Berbasis ICT Akhirnya Terwujud

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi bersama para Wakil Rektor, sewaktu meninjau Laboratorium Komputer TIK UPR didampingi Kepala TIK UPR Dr Rony Teguh (dua dari kiri).

PALANGKA RAYA – Belum genap satu tahun memimpin kampus tertua dan terbesar di Kalimantan Tengah (Kalteng), Rektor Universitas Palangka Raya (UPR) Dr Andrie Elia SE MSi sudah banyak melakukan gebrakan.

Salah satu gebrakan itu mewujudkan visi dan misi, yakni menjadikan kampus UPR berbasis Information and Communication of Technology (ICT). Dan kini, hal itu sudah mulai terwujud.

“Wujud nyata menjadikan kampus UPR berbasis ICT, beberapa waktu lalu PT Telkom sudah menanamkan investasinya berupa jaringan. Kalau tidak salah, nilainya sekitar Rp1,5 miliar,” tukas Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) UPR Dr Rony Teguh kepada uprjayaraya.com.

Menurutnya, jaringan internet merupakan salah satu infrastruktur untuk menjadikan kampus UPR berbasis ICT.

Melalui investasi itu, dari Bundaran Kecil hingga ke gedung TIK UPR, kecepatan internetnya minimal 1 Giga. Sehingga ke depan, kecepatan internet di UPR tidak di bawah standar.

Pasalnya saat ini, semua proses akademik sudah menggunakan aplikasi Si-Akad (Sistem Akademik). Dengan aplikasi itu, apabila Satuan Kredit Semester (SKS) mahasiswa melebihi, maka mata kuliah yang tidak diperlukan akan terhapus dengan sendirinya di sistem.

“Sekarang sudah terdata sebanyak 14.250 mahasiswa dari total 16.000 lebih mahasiswa UPR yang terdaftar. Dari jumlah itu, ada sekitar 1400 mahasiswa yang diberikan login, khusus mahasiswa yang sudah melakukan registrasi ulang semester genap 2019,” pungkas Rony Teguh. (il/red)

Berita Terkait