UPR Terapkan Aplikasi Si-Akad

Aplikasi Si-Akad kini digunakan dalam proses akademik di Universitas Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai kampus tertua dan terbesar di Kalimantan Tengah, saat ini sudah semakin maju. Setiap proses akademik, saat ini telah menggunakan aplikasi Si-Akad (Sistem Akademik)

“Sekarang untuk sistem akademik, sudah sebanyak sekitar 1.400 mahasiswa yang diberikan login. Login ini, khusus untuk mahasiswa yang sudah melakukan registrasi ulang semester genap 2019,” sebut Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Teknologi Informasi dan Teknologi (TIK) UPR Dr Rony Teguh kepada uprjayaraya.com, Selasa (2/4/2019).

Dijelaskannya, prosesnya saat ini mahasiswa sedang melakukan pengisian data diri. Selain itu, aplikasi Si-Akad juga sudah terintegrasi dengan Kartu Rencana Studi (KRS).

“Dengan begitu, mahasiswa tinggal mencetak KRS-nya saja. Setelah itu tim tinggal membuat alur sistemnya, serta melakukan pengecekan ke setiap Jurusan,” ujarnya.

Menurut Rony, sampai dengan saat ini sudah terdata sebanyak 14.250 mahasiswa dari total 16.000 lebih mahasiswa UPR yang terdaftar.

Bahkan sejalan dengan waktu, lanjut Rony, akan ada pelatihan bagi para Dosen untuk mengoperasikan aplikasi Si -Akad. Dengan aplikasi itu, Dosen tetap bisa melakukan tatap muka dengan mahasiswa saat perkuliahan.

Namun melalui aplikasi tersebut, apabila ada mahasiswa yang Satuan Kredit Semester (SKS)-nya melebihi, maka mata kuliah yang tidak diperlukan akan terhapus secara otomatis.

Tidak sampai di situ saja, administrasi jurusan juga sedang mengisi kurikulum. Sehingga software yang dijalankan, sudah dilakukan pengetesan sampai KRS.

“Semua progressnya sudah kita laporkan ke Pak Rektor,” tutup Rony. (il/red)

Berita Terkait