30 Komunitas Supporter Sepakbola Meriahkan PSF 2019

Waka Polres Palangka Raya Zainur Ropik, Perwakilan PSSI Kalteng Hatir Sata Tarigan melepaskan balon simbol perdamaian bersama ketua tiap komunitas suporter, Sabtu (23/03/2019).

PALANGKA RAYA – 30 komunitas suporter sepakbola di Provinsi Kalimantan Tengah ambil bagian dalam acara Palangka Raya Suporter Festival (PSF) Tahun 2019. Kegiatan yang digagas oleh Bobotoh Central Borneo ini digelar pada Sabtu (23/03/2019) di halaman KONI Kalteng, di Palangka Raya

Event yang mengusung tema perdamaian dan dukungan terhadap Polri dalam pemberantasan mafia sepakbola ini turut dihadiri oleh Waka Polres Palangka Raya, Kompol Zainur Rofik, perwakilan dari PSSI Kalteng Hatir Sata Tarigan, Ketua Ombudsman Kalteng Thoeseng TT Asang.

Ketua Panitia Luqi Faisal menyampaikan tujuan dari PSF 2019 yaitu sebagai ajang silaturahmi antarsupporter sepakbola di Kalteng, dan untuk menciptakan suasana kondusif antarsupporter menjelang Liga 1.

“Kita semua tahu, rivalitas antarsupporter begitu panas. Biar saja itu terjadi di luar Kalteng. Mari kita ciptakan suasana kondusif menjelang Liga 1, terutama saat Kalteng Putra menjadi tuan rumah. Kegiatan ini juga sebagai ajang koordinasi antarsupporter jika nantinya ada yang away mendukung timnya ke Palangka Raya,” jelas Luqi.

Sementara itu, Waka Polres Palangka Raya, Zainur Rofik, sangat mengapresiasi kegiatan positif tersebut. Mewakili Kapolres yang saat itu menghadiri acara KPU, Rofik menyampaikan kesalutannya terhadap komunitas supporter yang bisa damai berada dalam satu acara.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan positif ini, berbagai komunitas supporter dalam satu acara untuk bersilaturahmi. Semoga ke depannya tidak ada lagi rivalitas buta yang memakan korban,” ungkap Waka Polres.

“Liga 1 akan dimulai, Palangka Raya kemungkinan akan menjadi salah satu kota yang akan menjadi tuan rumah dalam setiap pertandingan Kalteng Putra. Mari jaga keamanan, ciptakan iklim kondusif, jadikan sepak bola sebagai wisata stadion yang menyenangkan. Bukan hal yang menakutkan saat menonton bola di tribun,” tambah Zainur Rofik.

Perwakilan PSSI Kalteng, Hatir Sata Tarigan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh supporter sepakbola baik liga Indonesia ataupun fans club Liga Eropa yang ada di Palangka Raya dalam menjalin silaturahmi melalui kegiatan-kegiatan yang positif.

“Ini kegiatan yang sangat bagus dan harus menjadi inspirasi bagi setiap supporter. Selain menggaungkan perdamaian, event ini juga menyuarakan dukungan untuk Kalteng Putra di Liga 1”, ujarnya.

Dalam rangkaian acara PSF 2019, Waka Polres, perwakilan PSSI, serta Kepala Ombusdman Kalteng didaulat untuk memberikan piala kepada juara turnamen futsal antarsupporter yang diselenggarakan pada bulan Februari lalu.

“Terima kasih kepada Bobotoh Central Borneo yang sudah menyelenggarkan even ini, kami sebagai tuan rumah, patut acungkan jempol. Semoga kedepannya bisa terlaksana lagi dan menjadi agenda tahunan supporter di Kalteng,” ujar Ahmad Syarif, salah seorang supporter Kalteng Putra.

Dari 30 komunitas supporter terdiri dari 19 suporter liga Indonesia, di antaranya Aremania Palangka Raya, The Jak Mania Kalteng, Kalteng Mania, Pasus 1970, Pasoepati Kalteng, Panser Biru, Snex Palangka Raya, Bobotoh Central Borneo, Laskar Ayam Jantan, Arek Bonek Palangka Raya, LA Mania, Slemania Fans Borneo, Viking Kotim, Viking Marunting Batu Aji, Viking Lamandau, Viking Kobar, Viking Seruyan, Viking Banjarmasin, dan Persipura Mania Palangka Raya.

Sedangkan 11 supporter Liga Eropa yaitu Indobarca Palangka Raya, Chelsea Indonesian Supporter Palangka Raya, Madridista Palangka Raya, Milanisti Palangka Raya, United Palangka Raya, Arsenal Fans Palangka Raya, Juventus Chapter Palangka Raya, MCSCI Manchester City, Roma Club Palangka Raya, Lazio Indonesia Palangka Raya, serta fans Liverpool Palangka Raya yaitu Big Reds.

Acara pembukaan dirangkaikan pula dengan acara seremonial yaitu pelepasan balon perdamaian, penandatanganan spanduk dukungan terhadap Polri dalam membarantas mafia sepak bola Indonesia.(yfd/red)

Berita Terkait