Bapenda Terus Berupaya Tingkatkan Penerimaan Pajak

Kepala Bapenda Kalteng H Kaspinor (seragam PDH ASN) bersama Ketua PWI Kalteng H Sutransyah dan jajarannya di Palangka Raya, Selasa (16/7/2019).

PALANGKA RAYA – Kebijakan bidang pajak terus disosialisasikan oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Bapenda Kalteng) kepada masyarakat di daerah ini. Sosialisasi ini telah menyasar ke berbagai wilayah kabupaten/kota di Bumi Tambun Bungai, dari lingkup kecamatan, kelurahan dan desa, hingga RT dan RW.

“Sosialisasi bidang pajak ini kami lakukan bersama pemerintah kabupaten/kota. Karena sosialisasi ini merupakan salah satu prioritas program kerja kami di tahun pajak ke-73 ini,” terang Kepala Bapenda Provinsi Kalteng H Kaspinor kepada wartawan di Palangka Raya, Selasa (16/7).

Selain sosialisasi bidang pajak, dalam rangka meningkatkan pendapatan dari sektor ini, pihaknya juga melakukan sejumlah terobosan. Di antaranya, pemutihan denda yang prosesnya berakhir pada 31 Mei 2019 lalu.
Selain itu, Bapenda Kalteng juga meningkatkan koordinasi antar lembaga dan mitra, terutama pihak kepolisian, Jasa Raharja, serta Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait.

Bapenda Kalteng juga terus melakukan peningkatan kualitas layanan bidang perpajakan di seluruh Kantor Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) di 14 kabupaten/kota se-Kalteng. Di samping itu, pihaknya juga telah mengoperasikan Samsat Keliling dan Samsat Pembantu yang salah satu fungsinya untuk mempermudah pembayaran kewajiban pajak perusahaan sektor perkebunan, pertambangan, dan perhutanan di wilayah Kalteng.

“Ke depan, kami akan mengadakan Rakor Pendapatan Daerah se-Kalteng guna mengevaluasi sejauhmana efektivitas terobosan yang telah dilakukan, untuk kemudian membenahi kekurangan-kekurangannya,” kata mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Sukamara itu. (yfd/il/red)

Berita Terkait