Bappenas Akui Sudah Melakukan Kajian Soal Pemindahan Ibu Kota Negara

Ketua Harian DAD Kalteng Dr Andrie Elia SE MSi memberikan cinderamata kepada Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Dr Ir Imron Bulkin pada Seminar dan Rakernas FIDN di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

JAKARTA – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) mengakui telah melakukan kajian terhadap rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Republik Indonesia (RI) ke Kalimantan.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Dr Ir Imron Bulkin, saat menjadi narasumber di Seminar Nasional sekaligus Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Intelektual Dayak Nasional (FIDN), di Jakarta Timur, Jumat (23/8/2019).

Dijelaskan, kajian tersebut menyangkut tentang aspek sosial dan budaya serta lainnya. Meski demikian, pihak Bappenas siap menerima masukan terhadap rencana pemindahan IKN RI tersebut.

“Kami dari Bappenas sangat terbuka apabila ada masukan dan saran terhadap wacana pemindahan ibu kota negara. Sampaikan saja ke kami apabila ada saran masukan yang dihasilkan dari kegiatan ini,” jelasnya.

Saat ini, ungkap Imron Bulkin, pemerintah pusat belum memutuskan provinsi mana di Kalimantan sebagai IKN RI yang baru. Namun, Presiden Indonesia Joko Widodo sudah menyebut dua provinsi sebagai kandidat.

Provinsi dimaksud yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. Pemerintah pusat saat ini masih melakukan kajian terhadap rencana tersebut. (yfd/red)

Berita Terkait