BI dan Perbankan Buka Layanan Penukaran Uang

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bi, Kantor Perwakilan BI Kalteng, Setian, didampingi sejumlah pejabat BI dan Perbankan menggunting pita tanda dimulainya kegiatan Layanan Penukaran Uang Bersama, Senin (13/5/2019).

PALANGKA RAYA – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama dengan 16 perbankan, membuka layanan penukaran uang bersama.

Layanan Penukaran Uang Bersama itu dilakukan dalam rangka Bulan Suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1440 H.

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Setian, dalam kegiatan pembukaaan layanan penukaran uang di luar kantor, di halaman Kantor BI Perwakilan Kalteng, Senin (13/5/2019), menuturkan, layanan penukaran uang itu dilakukan terhitung sejak 6 sampai 29 Mei 2019.

“Layanan ini merupakan sinergi Bank Indonesia dengan perbankan, untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat selama periode Ramadhan 1440 Hijriah. Dan kegiatan dilaksanakan mengambil tema Rupiah Untuk Negeri, Sinergi Bank Indonesia dan Perbankan Melayani Negeri,” ujarnya.

Menurut Setian, layanan penukaran uang di luar kantor, artinya dengan membuka kegiatan kas keliling di titik keramaian dan kantor perbankan.

“Kegiatan ini kita lakukan, semata-mata guna mendorong masyarakat menukarkan uangnya di lokasi penukaran resmi untuk mencegah risiko uang palsu, keakuratan jumlah lembar uang dan menjaga kualitas uang,” tukasnya.

Oleh karena itu, Setian mengimbau kepada masyarakat agar selalu memerhatikan ciri keaslian uang Rupiah dengan Dilihat, Diraba, dan Diterawang.

Selain itu, perhatikan pula cara merawat Rupiah dengan 5 Jangan, yaitu Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapier, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi. (il/red) 

Berita Terkait