Damkar, Satpol PP dan Satlinmas Berperan Vital

Petugas Damkar mengadakan simulasi pemadaman api usai upacara HUT Damkar ke 100, Satpol PP ke 69 dan Sat Linmas ke 57 di halaman Kantor Bupati Katingan di Kasongan, Senin (1/4/2019).

KASONGAN – Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamoeng Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) bukan hanya penjaga kota yang pasif, akan tetapi lebih dari itu berperan aktif dalam proses pembangunan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat. Tujuan akhirnya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Penekanan itu disampaikan Bupati Katingan Sakariyas saat membacakan ‎sambutan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo, ketika memimpin upacara Peringatan HUT Damkar ke 100, Satpol PP ke 69 dan Sat Linmas ke 57, di Halaman Kantor Bupati Katingan di Kasongan, Senin (1/4/2019).

Peran penting Damkar, Satpol PP dan Satlinmas, kata Sakariyas, tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Peran Damkar di antaranya melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya, beracun, kebakaran. Selanjutnya pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran, serta penyelamatan dalam kondisi yang membahayakan manusia.

Peran Satpol PP, lanjut Bupati, ‎dibentuk untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada), menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman serta perlindungan masyarakat.

Sedangkan Satlinmas, imbuhnya, secara khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, ikut memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, membantu penanganan ketentraman, ketertiban dan keamanan dalam penyelenggaraan Pemilu, serta membantu upaya pertahanan negara.

“Tiga lembaga tersebut mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan, dalam upaya untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat,” kata Sakariyas.(mz/red)

Berita Terkait