Dewan Kerja Pramuka Harus Lebih Inovatif

Peserta Kursus Pengelola Dewan Kerja Pramuka se-Kalteng foto bersama usai acara pembukaan kegiatan, Senin (30/9/2019).

PALANGKA RAYA – Dalam upaya lebih meningkatkan peran Dewan Kerja Pramuka mengelola kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega, Dewan Kerja Daerah (DKD) Kalteng selaku Badan Kelengkapan Kwartir Daerah (Kwarda) Kalteng, menyelenggarakan Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) Tingkat Daerah Kalteng Tahun 2019.

Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan Dewan Kerja Cabang (DKC) se-Kalteng ini dipusatkan di Aula BP PAUD – Dikmas Palangka Raya, mulai 29 September – 3 Oktober 2019.

Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) melalui Wakil Ketua Bidang Dr Ir Mofit Saptono Subagio MP mengharapkan Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega bisa bekerja lebih baik lagi, selalu up to date, serta mempunyai gagasan-gagasan yang luar biasa, inovatif dan kreatif.

“KPDK ini bukanlah sesuatu yang seremonial semata, tetapi titik beratnya adalah bagaimana mengelola Dewan Kerja ini secara baik dan benar,” kata Mofit Saptono dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut, Senin (30/9/2019).

Kepada para pemateri/narasumber, mantan Wakil Wali Kota Palangka Raya ini berharap, dapat secara penuh menyampaikan pengetahuannya kepada para peserta KPDK ini.

Mofit Saptono juga meminta semua anggota Gerakan Pramuka di Kalteng untuk membuktikan dan mengedepankan eksistensi Gerakan Pramuka di Bumi Tambun Bungai ini. Karena Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Gerakan Pramuka Kalteng, telah memberikan ruang untuk berimprovisasi melaksanakan kegiatan kepramukaan di daerah ini.

“Untuk itu, kita harus menjawab tantangan tersebut, dan jawaban itu harus berimplikasi secara nyata di tengah-tengah masyarakat. Salah satu di antaranya adalah KPDK ini, yang merupakan agenda penting yang sudah dijadwalkan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng,” terangnya.

Ketua Panitia KPDK Daerah Kalteng 2019, Fani Pratiwi melaporkan bahwa kegiatan KPDK dengan tema “Aspiratif, Inovatif dan Produktif” ini diikuti oleh peserta sebanyak 63 orang berasal dari DKC Pramuka se-Kalteng, kecuali dari Kwarcab Gunung Mas.

“Diharapkan Dewan Kerja Pramuka dapat melaksanakan fungsi dan tugasnya dengan baik. Materi dan ilmu pengetahuan yang didapatkan selama kegiatan ini, hendaklah dapat diterapkan dengan baik dalam mengelola Dewan Kerja Cabang di daerahnya masing-masing,” harap Fani Pratiwi.(mz/red).

Berita Terkait