Disnakertrans Kalteng Gelar Seleksi Daerah Calon Kompetitor ASC

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng Syahril Tarigan menyerahkan kelengkapan kepada peserta Seleksi Daerah Calon Kompetitor Asean Skills Competition, Selasa (14/5/2019).

PALANGKA RAYA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar Seleksi Daerah Calon Kompetitor Asean Skills Competition (ASC) XIII Singapura tingkat provinsi setempat.

Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans Provinsi Kalteng Pujo Harianto mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk menyiapkan calon kompetitor ASC XIII Singapura tingkat Kalteng melalui kompetisi keterampilan.

“Tujuan lain kegiatan ini adalah mencari calon kompetitor tingkat provinsi yang akan diikutsertakan dalam seleksi nasional,” kata Pujo ketika menyampaikan sambutan saat membuka kegiatan tersebut di Aula Disnakertrans Provinsi Kalteng, di Palangka Raya, Selasa (14/5/2019).

Ia menjelaskan, kejuruan yang akan dikompetisikan, yakni web design, electrical installations, IT network systems administration, cooking dan fashion technology.

Peserta setiap kejuruan sebanyak 10 orang yang telah lulus seleksi sesuai persyaratan yang telah ditentukan oleh Kementerian Tenaga Kerja, antara lain usia maksimal 21 tahun dan mendapat persetujuan orang tua/wali.

“Tim penguji sebanyak tiga orang. Satu orang dari Juri/Expert Pusat dan dua orang dari anggota dewan juri daerah,” sebutnya.

Pelaksanaan kompetisi di beberapa tempat, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Palangka Raya, SMKN 3 Palangka Raya dan SMK Karsa Mulya Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng Syahril Tarigan mengatakan, Seleksi Daerah ASC untuk mendapatkan calon kompetitor dari Provinsi Kalteng agar mengikuti kegiatan serupa yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas, Kementerian Ketenagakerjaan.

“Saya berharap kepada para juri agar mengerahkan segala kemampuan untuk mendapatkan bibit ‘unggul’ yang terbaik,” kata Syahril Tarigan. (yfd/red)

Berita Terkait