Disnakertrans Kalteng Magangkan 100 Calon Tenaga Kerja

Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng Sahril Tarigan menyalami peserta pemagangan dalam negeri pada acara pembekalan di Palangka Raya, baru-baru ini.

PALANGKA RAYA – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan kegiatan pemagangan dalam negeri kejuruan Tata Busana, Tata Boga, Otomotif Roda Dua, Akuntansi dan House Keeping.

Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja, Disnakertrans Provinsi Kalteng Drs H Pujo Harianto mengatakan, penyelenggaraan program pemagangan dalam negeri bertujuan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Kegiatan ini diikuti 100 orang peserta dari lima kejuruan, yaitu Tata Busana, Tata Boga, Otomotif Roda Dua, Akuntansi dan House Keeping,” kata Pujo.

Ia menjelaskan, seluruh peserta setelah mendapat pembekalan selama satu bulan, selanjutnya akan ditempatkan di dunia usaha selama empat bulan sesuai kejuruan masing-masing, seperti hotel, dealer otomotif dan penjahit yang ada di Palangka Raya.

Sementara itu, Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng Sahril Tarigan menambahkan, pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu.

“Saya berpesan kepada peserta hendaknya dapat mengikuti program ini hingga selesai dan saya berharap kepada dunia usaha tepat pemagangan apabila telah selesai melaksanakan dapat langsung dipekerjakan sebagai tenaga kerja atau karyawan,” harapnya. (yfd/red)

Berita Terkait