DPRD Kalteng Periode 2019-2024 Dilantik

Gubernur: Utamakan Kepentingan Publik

Anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 menjalani proses pelantikan dan pengucapan sumpah janji pada rangkaian Rapat Paripurna Dewan setempat di Palangka Raya, Rabu (28/8/2019) pagi.

PALANGKA RAYA – Sebanyak 45 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (DPRD Kalteng) hasil Pemilihan Umum (Pemilu) pada April 2019 lalu, dilantik secara resmi tadi pagi, Rabu (28/8/2019).

Pelantikan anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024 ini, dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPRD Kalteng dipimpin oleh Ketua DPRD Kalteng periode 2014-2019 Reinhard Atu Narang, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kalteng, di Palangka Raya.

Acara pelantikan ini dihadiri Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Kalteng H Said Ismail, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Bupati/Wali Kota se-Kalteng, Komisioner KPU dan Bawaslu Kalteng, sejumlah anggota DPRD Kalteng periode sebelumnya serta para tamu dan undangan.

Prosesi pelantikan dan pengucapan sumpah janji anggota Legislatif Provinsi Kalteng ini dipimpin Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Dr H Mochamad Hatta SH MH.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dalam sambutannya mengatakan, Pemilu 2019 telah terlaksana dengan baik dan sukses.

“Terima kasih atas peran aktif pelaksana Pemilu 2019, partai politik, TNI, Polri dan semua pihak terkait yang telah melaksanakan dengan baik sehingga berjalan lancar dan sukses,” kata Sugianto Sabran.

Dikatakan pula, Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Kalteng ini adalah puncak seluruh rangkaian Pemilu 2019, dan merupakan bagian dari demokrasi kedaulatan rakyat.

“DPRD dan Kepala Daerah memiliki fungsi yang berbeda, namun memiliki kedudukan sama. Anggota DPRD hendaknya menempatkan kepentingan publik di atas kepentingan pribadi dan golongan,” tambah Gubernur.

Diingatkan pula, bahwa keberadaan anggota DPRD Kalteng diharapkan mampu mendorong pembangunan Provinsi Kalteng. Keberhasilan yang sudah dicapai, harus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan. Begitu juga dengan fungsi kontrol anggota DPRD, hendaklah dapat ditingkatkan. Sehingga pelaksanaan pembangunan di daerah ini berjalan dengan benar.

Dalam Rapat Paripurna ini ditetapkan Ketua Sementara DPRD Kalteng periode 2019-2024 yakni Drs Duwel Rawing dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), dan Wakil Ketua Sementara adalah Ir H Abdul Razak dari Partai Golkar.

Duwel Rawing dalam pidatonya mengatakan, sumpah dan janji yang telah diucapkan anggota DPRD Kalteng periode 2019-2024, merupakan tuntunan moral yang harus ditaati sebagai dasar dalam menjalankan tugas, wewenang dan fungsi DPRD Kalteng yang harus dipertanggungjawabkan.

“Pelaksanaan tugas dan wewenang selaku DPRD, akan berjalan dengan sistem dan mekanisme pemerintah sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Kebijakan politik dan anggaran hendaknya dilaksanakan secara bergandengan,” jelas Duwel Rawing.(mz/red)

Berita Terkait