Gubernur Instruksikan Bupati/Wali Kota Liburkan Sekolah

H Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Semakin parahnya kondisi kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), dan membahayakan kesehatan, menjadi perhatian Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

Melalui Instruksi Gubernur Nomor 188.5/741/BU, tertanggal 13 September 2019, orang nomor satu di Kalteng ini menginstruksikan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota se-Kalteng, Kakanwil Kemenag Kalteng, serta Kakanwil Kemenag Kabupaten dan Kota se-Kalteng untuk melakukan langkah-langkah perlindungan keselamatan para peserta didik.

Itu dilakukan, sehubungan dengan kondisi kabut asap yang sangat tidak sehat atau berbahaya akibat Karhutla, dengan menetapkan libur sekolah. Penetapan libur sekolah itu, disesuaikan dengan kondisi kabut asap di wilayah kabupaten dan kota masing-masing.

Sementara sekolah diliburkan, diminta kepada para guru memberikan tugas pekerjaan rumah bagi para peserta didik.

Di sisi lain apabila kondisi kabut asap atau kualitas udara di wilayah masing-masing sudah dalam kondisi normal, maka proses belajar mengajar diaktifkan kembali sebagaimana biasanya.

Poin terakhir dari Instruksi Gubernur tersebut, bahwa masing-masing pihak yang diinstruksikan agar melaporkan langkah-langkah yang telah ditetapkan dalam kesempatan pertama. (il/red)

Berita Terkait