Ini Lokasi Layanan Penukaran Uang Bersama

BI Siapkan Rp4,3 Triliun

Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi BI, Kantor Perwakilan BI Kalteng, Setian, bersama pimpinan Perbankan foto bersama di deretan mobil kas keliling, sebagai tanda kesiapan BI dan Perbankan melayani penukaran uang, Senin (13/5/2019).

PALANGKA RAYA – Memasuki Bulan Suci Ramadan dan menghadapi Idul Fitri 1440 Hijriah, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bekerja sama dengan 16 Perbankan membuka Layanan Penukaran Uang Bersama.

“Lokasi layanan penukaran uang Rupiah ini, tersebar di tujuh wilayah Kas Titipan Bank Indonesia di Sampit, Muara Teweh, Pangkalan Bun, Buntok, Lamandau, Puruk Cahu, dan Kuala Kapuas,” ucap Kepala Tim Advisory dan Pengembangan Ekonomi Bank Indonesia, Kantor Perwakilan BI Kalteng, Setian, Senin (13/5/2019).

Adapun titik keramaian yang akan dilaksanakan layanan penukaran uang di Palangka Raya pada 13 sampai 24 Mei 2019, yakni di Kantor Gubernur Kalteng, Kantor Samsat, Kantor Pos, Kampus UPR, Pasar Kahayan, Pasar Ramadhan di Jalan RA Kartini, Pasar Ramadhan di Jalan Yos Sudarso.

Seementara, layanan penukaran uang di Kabupatan Kotawaringin Timur, terdapat di Kota Besi, Bagendang, dan Samuda.

Setian menyebut, Kantor Perwakilan BI Kalteng selama periode Ramadhan 1440 H, menyiapkan uang kartal sebesar Rp4,3 triliun.

“Kebutuhan uang kartal (outflow) pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, diperkirakan sebesar Rp2,6 triliun atau tumbuh sebesar 9,6 persen (year on year) dibandingkan periode tahun lalu,” jelasnya.

Pasalnya, pada 2018 lalu realisasi aliran uang keluar (outflow) sebesar Rp2,38 triliun atau meningkat 16,8 persen dari realisasi 2017 yang tercatat sebesar Rp1,9 triliun.

“Kenaikan tahun ini dalam rangka mengantisipasi kebutuhan pada Iibur panjang, serta kenaikan gaji dan pembayaran THR ASN maupun pegawai swasta,” tutup Setian. (il/red)

Berita Terkait