Jurnalis Muda Ini Siap Pimpin KNPI Katingan

Usung Visi Perubahan dan Transparansi

Hairul Saleh

KASONGAN – Tidak lama lagi DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Katingan akan menggelar Musyawarah Daerah untuk memilih kepengurusan periode 2019-2022. Nama-nama calon ketua organisasi garda terdepan pemuda di Bumi Penyang Hinje Simpei itu mulai bermunculan.

Salah satunya, Hairul Saleh, pemuda kelahiran Desa Samba Bakumpai ini menyatakan inisiasinya untuk maju menjadi kandidat Calon Ketua DPD KNPI Kabupaten Katingan.

“Saya ingin mengusung perubahan di KNPI Katingan. Meningkatkan kapasitas pemuda dalam pembinaannya, dengan menjalankan amanah dan transparansi. Tidak ada niat saya sedikitpun untuk mencari keuntungan di organisasi ini,” kata Hairul Saleh kepada uprjayaraya.com via seluler, Senin (20/5/2019).

Dia menilai, pembinaan terhadap pemuda di Kabupaten Katingan selama ini belum maksimal dijalankan. KNPI sebagai mitra pemerintah seharusnya lebih mengambil peran dalam jembatan penghubung penyalur aspirasi dan pembinaan pemuda.

“KNPI sejauh ini belum menonjolkan kontribusi yang optimal bagi pembinaan pemuda di Katingan, padahal anggarannya selalu ada tiap tahun,” ucap dia.

Keinginan untuk maju menjadi Ketua KNPI itu pun bermula atas dasar keprihatinan terhadap pemuda. Apalagi melihat kondisi Sektetariat KNPI Katingan yang seharusnya menjadi pusat pembinaan dan wadah berkumpul menyalurkan kreatifitas pemuda, terkesan stagnan.

Akan lebih menonjol, kata dia, KNPI menyediakan fasilitas yang dapat menyalurkan kreatifitas pemuda. Contohnya, menyediakan sanggar tari untuk pembinaan kebudayaan bagi pemuda penari, menyediakan band akustik untuk pemuda pecinta musik, menjalankan aktifitas kerohanian melalui ceramah dan kegiatan-kegiatan keagamaan.

“Dengan didorong kemurnian niat hati membangun pemuda, Insha Allah siapa saja yang menjadi pengurusnya, KNPI ini akan dapat menjadi motor pergerakan pemuda yang dinamis dan berkembang,” tutur Hairul Saleh.

Pemuda 27 tahun ini dikenal sebagai salah seorang jurnalis di Katingan yang kritis terhadap kondisi sosial. Bahkan, tak jarang tulisan yang dirinya buat menjadi referensi pemerintah daerah setempat dalam mengambil kebijakan. Selain itu, dunia organisasi bukan hal baru bagi dirinya.

Hairul Saleh juga dikenal sebagai pemuda yang berprestasi, seperti juara 1 Bulutangkis tingkat kabupaten semasa SMP, juara 3 Bulutangkis Piala Menpora tingkat Kabupaten Katingan, penarik bendera upacara (Paskibraka) HUT NKRI tahun 2008 tingkat Kabupaten Katingan, Pembina Pramuka, dan juga menguasai teknik baris berbaris.

Wartawan Palangka Post itu berkomitmen, bila dirinya diamanahkan memimpin KNPI Katingan, maka langkah pertama yang dilakukan adalah penguatan konsolidasi organisasi, kemudian transparansi pengelolaan anggaran.

“Seandainya saya diamanahkan menjadi ketua, haram hukumnya satu sen pun bila saya memanfaatkan anggaran KNPI itu di luar kepentingan organisasi. Tanpa saya sebutkan haram pun, yang namanya amanah itu harus amanah dan dalam agama itu hukumnya wajib dilaksanakan,” tegas mantan Vokalis Band ini.

Meski demikian, dia juga tidak menutup diri dan dengan tangan terbuka bila ada kandidat Ketua KNPI lainnya yang memiliki visi maju. Ia pun dengan lugas menyatakan siap membantu.

“Jika ada kandidat calon lain yang ingin maju menjadi ketua dan dapat berkomitmen untuk mewujudkan hal itu, saya mendukung. Karena saya bertujuan membangun pemuda, bukan mengangkat nama, apalagi kedudukan,” tutupnya.(yfd/red)

Berita Terkait