Kagama Harus Mempererat Solidaritas Kebangsaan

Ketua PD Kagama Provinsi Kalteng Dr Andrie Elia SE MSi dan para pejabat Universitas Palangka Raya bersama Ketum PP Kagama Indonesia Ganjar Pranowo usai acara pelantikan di Rektorat UPR, Jumat (8/11/2019).

PALANGKA RAYA – Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) harus memperkuat kohesi sosial, mempererat solidaritas kebangsaan, mengawal persatuan dan kebhinekaan.

Hal itu disampaikan Ketua Pengurus Daerah (PD) Kagama Provinsi Kalimantan Tengah Dr Andrie Elia SE MSi dalam sambutannya pada acara Temu Kangen, Dialog Kebangsaan dan Oelantikan PD dan Cabang Kagama Kalteng di Palangka Raya, Jumat (8/11/2019) malam.

Ia menjelaskan, saat ini ada beberapa persoalan yang sedang di hadapi Bangsa Indonesia. Pertama terjadinya proses fragmentasi sosial dalam unsur-unsur politik indentitas primordialisme kembali muncul.

Kedua berkaitan dengan isu kesenjangan sosial dan ketiga merebaknya ekstremisne di ruang publik.

“Kagama telah memberi contoh pada bangsa ini bahwa perbedaan dan keberagaman bukan penghalang untuk meraih kemajuan,” kata Rektor Universitas Palangka Raya ini.

Ia menjelaskan, Indonesia saat ini berada di persimpangan jalan, disatu sisi harus mengejar ketertinggalan di bidang infrastruktur. Di sisi lain harus mengatasi kemunduran dalam pembangunan infrastuktur nilai yang menyebabkan keretakan dalam arsitektur kebangsaan.

“Pembangunan infrastruktur nilai perlu mendapat perhatian serius, Indonesia berkejaran dengan waktu untuk mengatasi degenerasi dalam karakter jatidiri bangsa. Diperlukan pengembangan kecerdasan kewargaan berbasis Pancasila dalam pembangunan infrastruktur nilai yang merupakan kunci integrasi dan kemajuan bangsa,” kata Andrie Elia. (yfd/red)

 

Berita Terkait