Kalteng akan Kembangkan Komoditas Bawang Putih

PALANGKA RAYA- Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri, mengaku sangat mendukung rencana pengembangan komoditas bawang putih di Bumi Tambun Bungai.

“Itu sangat bagus jika di Kalteng memiliki kebun bawang sendiri. Kalau itu terlaksana, kita tidak usah lagi impor dari luar masalah bawang ini, dan tentu kita dukung,” ucap Fahrizal Fitri, Selasa (16/4/2019).

Kendati demikian, dalam pengembangan komoditas bawang putih, diperlukan kerja sama dengan dinas terkait. Pasalnya, dalam melakukan pengembangan, akan ditemui berbagai kendala di lapangan.

Terpisah, Pelaksana Bidang Hortikultura, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan Kalteng, Jonh Samson, mengutarakan, saat ini pihaknya tengah berusaha mengembangkan bawang putih melalui kerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Kalteng. Itu dilakukan karena dalam pengembangan bawang putih tergolong sulit di tanah Indonesia yang tidak sesuai untuk komoditas tersebut.

“Terkait bawang putih memang sulit, tapi kita masih mengusahakan dengan BPTP agar Kalteng mampu memproduksi sendiri bawang putih,” ujarnya.

Jonh menjelaskan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi bawang putih bisa tumbuh dengan baik. Salah satunya adalah struktur tanah, ketinggian daratan dari permukaan laut, dan suhu udara.

“Padahal kalau varietas bawang putih cocok dan bisa berkembang, pemerintah pusat siap membantu dan memberikan dukungan penuh,” tukasnya.

Di samping itu, tidak sedikit lembaga yang telah gagal mengembangkan budidaya bawang putih. Karena itu, pihaknya berharap pengembangan yang akan dilakukan tidak mengikuti jejak pendahulunya yang selalu gagal.

“Harapan kami kalau memang Pemprov mendukung dan mengalami keberhasilan, otomatis sangat membantu mengurangi impor bawang putih. Sangat bagus jika memang ini terlaksana,” pungkasnya. (il/red)

Berita Terkait