Kalteng Target Tekan Angka Pengangguran Hingga Dua Persen

Kepala Disnakertran Provinsi Kalteng Syahril Tarigan mengalungkan tanda peserta saat program pemagangan di Palangka Raya, kemarin.

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menargetkan pada tahun 2020 mendatang bisa menekan angka pengangguran hingga dua persen.

Saat ini tingkat pengangguran di Bumi Tambun Bungai sebesar 3,18 persen. Jumlah sebesar itu cukup rendah dibandingkan tingkat pengangguran nasional sebesar 5,1 persen.

“Kondisi ini harus menjadi perhatian perhatian kita bersama agar angka pengangguran tersebut tidak semakin bertambah,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalteng, Syahril Tarigan, kemarin.

Ia menjelaskan, tinggkat penganguran di Provinsi Kalteng umumnya disebabkan kemampuan dunia usaha dan dunia industri menyerap tenaga kerja sangat terbatas, belum sebanding dengan jumlah pengangguran.

Kemudian para pencari kerja baik lulusan sekolah lanjutkan termasuk sekolah menengah kejuruan maupun perguruan tinggi berada pada kondisi ingin berkerja tetapi belum siap kerja apalagi siap pakai.

Pemprov Kalteng, kata Syahril, terus berusaha menekan agar angka pengangguran tidak bertambah. Salah satu menyelenggarakan program pemagangan untuk menjawab tantangan dunia kerja dan dunia industri.

“Program pemagangan ini sangat strategis untuk meningkatkan kompetensi kerja,” ungkapnya. (yfd/red)

Berita Terkait