Kapasitas Asrama Mahasiswa Putra Katingan Perlu Ditambah

Inilah bangunan Asrama Mahasiswa Putra Kabupaten Katingan di Jalan B Koetin Kota Palangka Raya.

KASONGAN – Asrama mahasiswa putra yang dibangun Pemerintah Kabupaten Katingan di Jalan B Koetin, Kota Palangka Raya pada tahun 2013, diharapkan dapat dilakukan pengembangan. Terutama terkait kapasitas daya tampung asrama yang perlu ditambah.

Mahasiswa asal Katingan, Christoper Leonardo menyebut, asrama tersebut sudah ditempati mahasiswa asal Bumi Penyang Hinje Simpei mulai tahun 2014. Di dalamnya terdapat 11 kamar yang dapat menampung 21 orang mahasiswa.

“Asrama ini hanya diperuntukkan bagi putra. Untuk asrama putri kabarnya masih dalam perencanaan pembangunan. Kondisi asrama serta fasilitasnya dalam keadaan layak,” kata pemuda yang akrab disapai Leo ini kepada uprjayaraya.com via seluler, Kamis (25/4).

Penilaian umum mahasiswa terhadap asrama itu, kata dia, perlu ditingkatkan lagi agar bisa lebih banyak menampung mahasiswa dari Kabupaten Katingan yang berkuliah di Kota Palangka Raya.

“Sebab, banyak mahasiswa asal Kabupaten Katingan yang benar-benar membutuhkan tempat tinggal selama masa kuliah, tidak bisa tertampung dalam asrama karena sudah terisi penuh,” ungkapnya.

Selain itu, sambung Leo, perlu juga penunjukan pengelola asrama yang bertempat tinggal menetap di Kota Palangka Raya, agar pengawasan dan pembinaan lebih terarah.
Jika Pemerintah Kabupaten Katingan ingin meringankan beban pengelolaan, maka limpahkan sebagian wewenang kepada Himpunan Mahasiswa dan Pelajar Kabupaten Katingan (HIMAPAKAT).

“Andaikan dilimpahkan ke HIMAPAKAT, tetap saja harus ada pengawasan dan dimonitor oleh pemerintah kabupaten. Seperti halnya pengelolaan Asrama Mahasiswa Kabupaten lainnya di Kota Palangka Raya,” ucap mahasiswa UPR Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Pertambangan Universitas Palangka Raya itu.(yfd/red)

Berita Terkait