Katingan Miliki Empat Perda Baru

Wakil Ketua I DPRD Katingan, Endang Susilawatie disaksikan Bupati Katingan Sakariyas, menandatangani berita acara penetapan dan persetujuan DPRD Katingan terhadap empat Raperda pada rapat paripurna DPRD Katingan di Kasongan, baru-baru ini.

KASONGAN – Setelah melalui proses evaluasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) oleh Gubernur Kalteng, kini Kabupaten Katingan memiliki empat buah Peraturan Daerah (Perda) baru.

Empat Perda tersebut yaitu Perda Pencabutan Perda Kabupaten Katingan Nomor 10 Tahun 2006 tentang Usaha Pertambangan Umum, Perda RTRW (Rencana Tata Tuang Wilayah) Kabupaten Katingan Tahun 2019-2039 dan Perda RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Katingan Tahun 2018-2023. Kemudian, Perda Pencegahan, Penanggulangan dan Pengawasan Terhadap Penyalahgunaan Peredaran Narkotika, Psikotropika, Zat Adiktif dan Obat Keras Lainnya.

‎”Penandatanganan penetapan dan berita acara persetujuan DPRD Kabupaten Katingan terhadap Raperda hasil evaluasi Gubernur Kalimantan Tengah, sudah kita lakukan bersama pemerintah daerah pada rapat paripurna beberapa waktu lalu,” kata Wakil Ketua I DPRD Katingan, Endang Susilawatie di Kasongan, Rabu (27/3/2019).

Dengan telah diterbitkannya empat Perda tersebut, ujar politisi yang akrab disapa Endang itu, ‎maka menjadi kewajiban dan tanggungjawab Pemerintah Daerah beserta jajarannya untuk dapat mengimplementasikannya.

Sejalan dengan fungsi pengawasan, kata Endang, pihaknya selaku wakil rakyat juga akan melakukan monitoring sejauh mana Perda tersebut diimplementasikan oleh pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait.(mz/red)

Berita Terkait