Kongres PGRI Berhasil Tetapkan Ketua Umum

Dr H Suriansyah Murhaimi SH MH

PALANGKA RAYA – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), telah sukses menggelar agenda besar lima tahun sekali yakni Kongres Nasional PGRI. Kongres ke XXII yang diselenggarakan di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara, belum lama ini, diikuti ribuan pengurus dan anggota PGRI, dari perwakilan tingkat cabang hingga ranting se Indonesia.

Acara ini dibuka langsung oleh Presiden RI Ir Joko Widodo (Jokowi), dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud RI) Muhajir Effendy, dan sejumlah petinggi negara.

Ketua PGRI Provinsi Kalteng, Dr H Suriansyah Murhaimi SH MH yang menjadi salah seorang peserta Kongres Nasional PGRI ini mengungkapkan, ada beberapa catatan penting yang merupakan hasil kongres itu. Di antaranya, kongres itu berhasil melaksanakan pemilihan Pengurus Besar (PB) PGRI periode 2019-2024.

“Dari proses pemilihan itu, menempatkan ibu Prof Dr Unifah Rosyidi MPd kembali menjadi Ketua Umum PB PGRI periode 2019-2024, penetapan Sekretaris Jenderal (Sekjen), dan tujuh orang Wakil Ketua PB PGRI beserta perangkat pengurusnya,” jelas Surianyah di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Kemudian, lanjut Wakil Rektor Universitas Palangka Raya Bidang Umum dan Keuangan ini, pada penyusunan AD/ART PB PGRI, diterjemahkan ke sejumlah program kerja kedepannya.

“Melalui kongres itu, PB PGRI juga meminta kepada pemerintah pusat, agar menetapkan PB PGRI menjadi satu-satunya organisasi profesi guru di Indonesia,” ungkapnya.

Ditambahkan, bahwa Presiden RI Jokowi, menginginkan agar para guru dapat menyesuaikan diri berkenaan dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0, khususnya dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolahnya masing-masing.

“Presiden Jokowi, dalam amanatnya menyampaikan bahwa peran guru dalam dunia pendidikan tidak dapat tergantikan, meskipun saat ini teknologi telah berkembang pesat. Sekalipun, oleh robot atau lainnya, peran guru tidak dapat tergantikan, dan guru tetap menjadi yang utama,” terangnya.(mz/red)

Berita Terkait