Konsumsi Masyarakat Terindikasi Meningkat di Juli 2019

Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando, sewaktu menyerahkan cinderamata kepada perwakilan wartawan berupa un-cut banknotes, Selasa (13/8/2019).

 

PALANGKA RAYA – Bank Indonesia (BI) Kalteng menyebut, konsumsi masyarakat di provinsi ini terindikasi meningkat pada Juli 2019. Kondisi tersebut tercermin dari adanya peningkatan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) yang berada di angka 114,42 menjadi 124,58.

Kepala Perwakilan BI Kalteng Rihando kepada wartawan, Selasa (13/8/2019), menjelaskan, meningkatnya konsumsi masyarakat pada periode Juli 2019 sejalan dengan peningkatan level junlah perputaran uang yang melalui Kantor Perwakilan BI Kalteng.

“Berdasarkan data, peningkatan perputaran uang di Juli 2019 mencapai sebesar Rp1,51 triliun, atau meningkat 62,2 persen (mtm) dibanding bulan sebelumnya akibat normalisasi masyarakat setelah Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN),” sebutnya.

Sementara berdasarkan Survei Konsumen Bank Indonesia (SKBI), lanjut Rihando, tercatat indikasi peningkatan konsumsi tergambar dari angka hasil Indeks Kondisi Ekonomi (IKE) saat ini. Peningkatan terbesar, berada pada komponen lapangan kerja dan penghasilan saat ini.

“Tentu peningkatan IKE ini, menunjukan optimisme masyarakat Kalteng pada kondisi ekonomi saat ini. Sejalan dengan IKE yang meningkat, angka hasil Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) juga menunjukan peningkatan sebesar 131,00 dari 121,83 bulan sebelumnya,” ujarnya.

Peningkatan tertinggi, berada pada komponen ketersediaan lapangan kerja mendatang dan perkiraan hasil kerja mendatang. (il/red)

Berita Terkait