Lomba Cerdas Cermat BI Kalteng Dimenangkan Siswa SMK

Para pemenang lomba cerdas cermat BI Perwakilan Kalteng, berfoto bersama pihak panitia usai menerima hadiah di Aula Dinas Kehutanan Kalteng, Palangka Raya, Sabtu (16/11/2019).

PALANGKA RAYA – Lomba Cerdas Cermat Sistem Pembayaran dan Kebanksentralan, yang dilaksanakan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kalteng, Sabtu (16/11/2019), di Aula Dinas Kehutanan Kalteng, diikuti peserta dari 20 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kota Palangka Raya.

Dari hasil lomba hingga ke babak final, juara pertama diraih SMKN 2 dan berhak atas uang pembinaan sebesar Rp4,5 juta, juara kedua SMKN 1 dengan uang pembinaan sebesar Rp3 juta, dan juara ketiga dimenangkan oleh SMA PGRI 2 yang mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp1,5 juta.

Deputi Kepala Perwakilan BI Kalteng, Devy Ika Puspitosari mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada pelajar SMA/SMK/MAN.

“Lomba cerdas cermat ini juga untuk menumbuhkan dan meningkatkan pengetahuan siswa siswi tingkat SMA mengenai Bank Indonesia. Secara khusus, mengenai Sistem Pembayaran.” terangnya.

Devi menyebutkan, lomba cerdas cermat ini dibuka oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan Kalteng, Mofit Saptono.

“Dalam rangkaian pembukaan tersebut, juga diisi dengan sosialisasi dari BI mengenai GNNT, GPN, SKNBI, QRIS, PUR, dan Kebanksentralan,” jelas Devi.

Sementara untuk lomba cerdas cermat, dilakukan melalui dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final.

Babak penyisihan dibagi menjadi lima sesi. Tiap sesi diperlombakan empat sekolah untuk menghasilkan satu sekolah yang lolos ke babak final. Sehingga pada babak final terdapat lima sekolah yang memperebutkan juara 1, 2, dan 3.(il/led)

Berita Terkait