Masyarakat Diimbau Gunakan Hak Suaranya

Nurul Edy

PALANGKA RAYA – Jelang proses pemungutan suara Pemilu serentak yang tinggal hitungan jam, Rabu (17/4/2019), Pemprov Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali mengingatkan seluruh masyarakat untuk menggunakan hak suaranya.

Saat ini, seluruh logistik dan kelengkapan pemungutan suarapun telah disebar ke seluruh kabupaten dan kota se-Kalteng.

“Karena satu suara masyarakat, sangat menentukan nasib bangsa lima tahun ke depan. Untuk itu, masyarakat Kalteng wajib memberikan hak suaranya,” tegas Asisten II Setdaprov Kalteng, Nurul Edy, di Palangka Raya, Selasa (16/4/2019).

Di tempat berbeda, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalteng Agus Pramono mengatakan, jelang pelaksanaan pemungutan suara, 14 kabupaten dan kota se-Kalteng saat ini dalam keadaan aman dan kondusif.

“Jumlah DPTHP-3 sebanyak 1.753.351 orang, sedangkan DPTb berjumlah 40.216 dan itu berada di 54 TPS. Kalau penyandang disabilitas 3.273 orang, yakni Tuna Daksa 954 orang, Tuna Netra 498 orang, Tuna Rungu atau Tuna Wicara 662 orang, Tuna Grahita 481 orang, dan disabilitas lainnya 678 orang,” sebutnya.

Tidak itu saja, menurut Agus Pramono, dengan banyaknya jumlah pemilih, surat suara yang diterima dan sudah disortir berjumlah 8.961.108 lembar.

“Hingga saat ini tidak ada kekurangan logistik pemilu dan surat suara, serta surat suara rusak sudah dapat diatasi,” jelasnya. (il/red)

Berita Terkait