Muslimat NU Harus Proaktif Mengedukasi Masyarakat

Ketua Muslimat NU Katingan Hj Endang Susilawatie memotong tumpeng pada acara Peringatan Hari Lahir Muslimat NU Ke-73 dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Kasongan, Kamis (28/3/2019).

KASONGAN – Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) harus menampilkan diri sebagai organisasi yang berkhidmat untuk bangsa, negara dan masyarakat. Selain itu, harus bertindak proaktif dalam keikutsertaan mengedukasi masyarakat, agar tidak terseret kepada pemahaman, sikap-sikap dan tindakan yang menciderai keberagaman.

Ketua Muslimat NU Kabupaten Katingan, Hj Endang Susilawatie mengatakan, di era luberan informasi sekarang ini, informasi menghadirkan ragam isi yang tidak hanya positif, tetapi juga bermuatan negatif.

“Informasi-informasi yang bermuatan kebohongan (hoaks), fitnah dan kebencian, telah dikapitalisasi sedemikian rupa. Sehingga memunculkan ‘kegaduhan’ di masyarakat,” kata Endang dalam sambutannya pada Peringatan Hari Lahir Muslimat NU Ke-73 dan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, di Gedung Serbaguna Salawah, Kasongan, Kamis (28/3).

Wakil Ketua I DPRD Katingan itu menambahkan, sikap Saring sebelum Sharing (berbagi), menjadi hal penting yang harus terus disadarkan di tengah masyarakat. Dalam bermedia sosial sesungguhnya ada tanggung jawab moril dan bukan sekedar manifestasi kebebasan atas nama demokrasi.

Menurut Politisi Partai Gerindra itu, demokrasi tumbuh dan berkembang kualitasnya jika dibarengi dengan kualitas informasi yang kredibel atau terpercaya, dan bukan sebaliknya.

“Platform media sosial semestinya dijadikan sebagai sarana yang mengedukasi publik dengan konten atau isi yang bermanfaat,” imbuh Endang.

Dia menambahkan, terkait hal tersebut momentum Harlah Muslimat NU harus dilihat sebagai spirit bagi anggota atau kadernya, agar secara konsisten mengedepankan, merawat dan meneguhkan nilai-nilai kebangsaan.

“Penyelenggaraan Pemilu sebagai manifestasi demokrasi sudah selayaknya menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan dan kebangsaan,” demikian legislator asal daerah pemilihan satu ini.(mz/red)

Berita Terkait