Musrenbang RKPD Sangat Penting

Wakil Bupati Katingan, Sunardy NT Litang saat memberikan arahan sekaligus membuka kegiatan Musrenbang RKPD di Aula Kantor Bappelitbang Katingan di Kasongan, Rabu (27/3).

KASONGAN – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan suatu instrumen penting untuk menghasilkan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) yang tidak lepas dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dari kebijakan dan strategi yang tertuang dalam RPJMD, akan diimplementasikan pada usulan program dan kegiatan.

“Usulan program dan kegiatan itu, tertuang pada dokumen perencanaan‎ sesuai bidang kewenangan dari masing-masing Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), yang sifatnya short list/daftar isian dari berbagai sumber dana APBN, APBD provinsi maupun APBD kabupaten,” jelas Wakil Bupati Katingan, Sunardy NT Litang pada kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Katingan yang digelar Bappelitbang Katingan di Aula Kantor Bappelitbang setempat, di Kasongan, Rabu (27/3).

Dikatakan, RKPD mempunyai arti yang sangat penting. Karena sebagai pedoman penyusunan KUA-PPAS (Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara), dan sebagai rujukan utama dalam penyusunan R-APBD Tahun Anggaran 2020.

Berkaitan dengan upaya menerjemah misi dan prioritas pembangunan, seluruh jajaran Pemkab Katingan diminta untuk responsif terhadap usulan-usulan masyarakat yang telah digali melalui Musrenbang Desa/Kelurahan dan Musrenbang Kecamatan. Di mana telah dilakukan tindak lanjut dengan melaksanakan forum gabungan perangkat daerah.

“Mekanisme perencanaan harus kita hargai dan kita hormati. Karena sebaik apapun yang kita rancang, apabila tidak sesuai dengan kebutuhan maka akan menjadi tidak bermanfaat untuk masyarakat,” jelasnya.(mz/red)

Berita Terkait