Pemerintah Pusat Berencana Kembangkan Tiga Komoditi di Kalteng

Ir Rawing Rambang

PALANGKA RAYA – Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah, Ir Rawing Rambang mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian berencana mengembangkan tiga komoditi di Bumi Tambun Bungai.

“Tiga komoditi tersebut yakni, Kakau, Kopi dan Kelapa Dalam,” kata Rawing kepada wartawan di Palangka Raya, Kamis (27/6/2019).

Ia menjelaskan, Pemerintah Provinsi Kalteng sudah memetakan lokasi yang berpotensi untuk mengembangkan tiga komoditi tersebut.

Di Derah Aliran Sungai Barito, tambah Rawing, yang berpotensi dikembangkan adalah komoditi Kakau. Sedangkan Kopi berada di wilayah tengah seperti Kapuas, Gumas, Pulang Pisau dan Palangka Raya, sebagian di wilayah barat seperti Kotim dan Lamandau.

“Kalau budidaya kelapa paling potensial berada di pesisir pantai, Kapuas, Pulang Pisau, Kotim, Kobar dan Sukamara. Komoditi tersebut yang ingin dikembangkan Pemerintah Pusat,” kata dia.

Ketertarikan Kementerian Pertanian mengembangkan tiga komoditi tersebut, jelas Rawing, disebabkan beberapa faktor, antara lain karena masih tersedia lahan dan memiliki potensi.

“Kita sudah memiliki kajian yang bekerja sama dengan Universitas Palangka Raya tentang produktifitas kopi dan kakau. Menurut hasil kajian Kalteng sangat potensial,” kata Rawing. (yfd/red)

Berita Terkait