Pemkab Katingan Diminta Rangkul Pihak Ketiga

Hj Endang Susilawatie

KASONGAN – Wakil Ketua I DPRD Katingan, Hj Endang Susilawatie meminta pemerintah kabupaten (pemkab) setempat merangkul pihak ketiga untuk menyediakan bibit bagi pembudidaya ikan di wilayah tersebut.

“Kalau penyediaan benih itu dilakukan hanya oleh Pemkab Katingan melalui perangkat daerah terkait, maka hasilnya tidak maksimal. Makanya harus ada kerja sama dengan pihak ketiga,” kata Endang Susilawatie, kemarin.

Untuk itu, lanjut dia, Pemkab Katingan Harus menggandeng pihak ketiga yang benar-benar inten dan serius untuk bekerja sama menyediakan benih ikan untuk kebutuhan para pembudidaya ikan di Bumi Penyang Hinje simpei.

“Jika benih ikan dipasok dari dalam sendiri tentunya harga lebih terjangkau dibanding pembudidaya ikan mengambil dari daerah lain. Namun, dalam penyediaan bibit tersebut harus juga diperhatikan kualitas benih ikan yang benar-benar sehat untuk dibudidayakan,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan I itu.

Menurutnya, Kota Kasongan merupakan sentra produksi ikan jenis nila dan mas hasil budidaya keramba pengusaha ikan.

“Pembudidaya ikan keramba merupakan salah satu sektor yang menggerakkan ekonomi masyarakat. Namun sayangnya, tingginya intensitas pembudidaya ikan tidak diiringi dengan penyediaan kebutuhan dasar budidaya ikan dari dalam daerah,” kata Endang. (yfd/red)

Berita Terkait