Pengurus PWI Kotim Periode 2019-2022 Dilantik

Bupati: Beri Kritikan dan Solusi

Ketua PWI Kalteng Sutransyah melantik Pengurus PWI Kotim periode masa 2019-2022 di Sampit, Kamis (27/6/2019).

SAMPIT – Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotawaringin Timur (Kotim) periode masa 2019-2022 dilantik, Kamis (27/6/2019).

Prosesi pelantikan yang digelar di Aula Pemerintah Kabupaten Kotim yang dipimpin Ketua PWI Kalimantan Tengah, Sutransyah dan dihadiri Bupati Kotim Supian Hadi, serta sejumlah pejabat daerah setempat.

Susunan kepengurusan PWI Kotim yang dilantik tersebut, antara lain, Ketua Andri Rizky Agustian, Wakil Ketua I Gunawan, Wakil Ketua Ketua II Untung Setiawan, Sekretaris Dodi Rafliansyah, Bendahara Rafiuddin.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Yono Heriyanto, dibantu koordinator bidang-bidang. Personalia pengurus ini terpilih pada Konferensi PWI Kotim yang dilaksanakan 2 Mei 2019 lalu.

Bupati Kotim Supian Hadi dalam kesempatan tersebut berharap sinergi antara pers dan pemerintah daerah yang telah berjalan baik selama ini, dapat terus ditingkatkan demi kemajuan daerah Bumi Habaring Hurung.

“Bagi kami, pers itu sangat penting, terutama sebagai penyampai informasi pembangunan daerah,” kata Bupati Kotim dua periode tersebut.

Dia melanjutkan, bagaimanapun prestasi pembangunan yang dilakukan pejabat daerah, kalau tidak disampaikan oleh pers, tidak akan diketahui khalayak.

Supian Hadi juga berpesan, pemerintahan daerah tidak antipati terhadap kritik dari pers sepanjang sesuai realita yang ada.

“Kritik itu penting sebagai bahan evaluasi pemerintah. Hanya, akan lebih baik jika pers juga memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi. Inilah bentuk sinergi kita dalam membangun daerah dan menyejahterakan masyarakat,” sebutnya.

Pesan senada juga disampaikan Ketua PWI Kalteng Sutransyah dalam sambutannya usai prosesi pelantikan. Dia mengingatkan tiga hal pada para pengurus PWI yang baru dalam menjalankan roda organisasi ini.

“Pertama, jalankan amanah yang diemban dengan baik dan bertanggung jawab, baik kepada diri sendiri, anggota organisasi, masyarakat, dan kepada Tuhan YME,” sebutnya.

Kedua, lanjut Sutransyah, pengurus baru ini harus mampu menjaga kebersamaan demi suksesnya program-program kerja yang akan dilaksanakan sepanjang tiga tahun ke depan.

“Ketiga, selaku insan pers, kita wajib melaksanakan tugas menyampaikan informasi kepada publik dengan baik, yakni tetap berpedoman pada Kode Etik Jurnalistik dan UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers,” pintanya.

Sebelumnya, Ketua PWI Kotim Andri Rizky Agustian yang baru dilantik, menyampaikan komitmen kepengurusannya dalam menjalankan roda organisasi.

Dikatakannya, beberapa agenda kerja yang menjadi prioritas pengurus PWI Kotim tiga tahun ke depan ini, antara lain, peningkatan sumber daya manusia (SDM) insan pers melalui kegiatan-kegiatan pelatihan, upaya mempererat sinergi dengan para mitra, serta sosialisasi ke seluruh lapisan masyarakat tentang peran pers dalam pembangunan daerah, khususnya di perdesaan. (yfd/red)

Berita Terkait