Perguruan Tinggi Diharapkan Berbenah Diri

Ketua Komite I DPD RI, A Teras Narang, saat mengadakan pertemuan dengan wartawan di Palangka Raya, Selasa (5/11/2019).

PALANGKA RAYA – Semua Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), diharapkan untuk berbenah diri dengan melakukan perbaikan-perbaikan di segala lini. Sebab, Kalteng kedepannya adalah provinsi yang bertetangga dengan Ibu Kota Negara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Harapan itu disampaikan mantan Gubernur Kalteng dua periode, Agustin Teras Narang, yang sekarang menjabat Ketua Komite I DPD RI, saat menggelar pertemuan dengan wartawan di Palangka Raya, Selasa (5/11/2019).

“Universitas Palangka Raya, Universitas Muhammadiyah, Universitas Kristen, Institut Agama Islam Negeri dan perguruan tinggi lainnya di daerah ini, harus bisa memanfaatkan peluang ini dengan melakukan berbagai perbaikan dan pembenahan,” katanya.

Diingatkan pula, bahwa kita jangan lagi berpikir dan mempertanyakan kenapa IKN tidak di Kalteng. Karena Presiden sudah menetapkan bahwa IKN RI yang baru adalah di Kaltim. Sebaliknya, kita harus berpikir bagaimana kita memanfaatkan peluang itu dan menghadapi tantangan yang ada. Misalnya, IAIN, bagaimana agar dijadikan sebagai kampus ‘kawah candradimuka’, kampus modern yang lengkap.

“Sehingga, calon mahasiswa tidak perlu lagi ke Jawa, ke Jogjakarta atau ke Bandung jika ingin kuliah di bidang agama Islam. Karena sudah ada perguruan tinggi yang bagus di Provinsi Kalteng,” harap Teras Narang.

Dikatakan pula, dalam era 4.0 dan 5.0 sekarang ini, kita juga harus mencari potensi apa yang bisa dimanfaatkan dan memiliki prospek bagus untuk dikembangkan kedepannya.(mz/red)

Berita Terkait