Pilkades Serentak di Katingan Harus Aman

Polres Katingan saat mendeklarasikan menolak kekerasan dan kerusuhan selama Pilkades serentak dalam acara di halaman Mapolres di Kereng Pangi, Kasongan, Sabtu (6/7/2019).

KASONGAN – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah Kabupaten Katingan, Polres Katingan mendeklarasikan menolak terjadinya kekerasan dan kerusuhan. Deklarasi ini digelar terbuka di halaman Mapolres di Kereng Pangi, Kasongan, Sabtu (6/7/2019).

“Giat tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) jelang pelaksanaan Pilkades serentak,” ujar Kapolres Katingan AKBP E Dharma B Ginting.

Turut hadir dalam kegiatan itu perwakilan Pemkab Katingan, Kodim 1015/Sampit, Kadis Pemdes, Ketua MUI, Camat Katingan Hilir, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda serta berbagai eleman masyarakat.

Deklarasi ini intinya menolak segala bentuk aksi provokasi, berita bohong (hoaks), ujaran kebencian. Kemudian, menolak aksi kerusuhan karena dapat memecah belah keutuhan bangsa. Berpartisipasi aktif menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Katingan.

Kemudian, saling menghargai dan menghormati dalam bingkai kebhinnekaan, tetap berkomitmen menjaga keutuhan NKRI dan ikut serta mewujudkan Pilkades serentak di Kabupaten Katingan yang aman, damai dan sejuk.

Dharma juga mengimbau agar deklarasi tersebut dapat diimplementasikan oleh semua pihak. Sehingga agenda Pilkades serentak yang akan dilaksanakan di puluhan desa di wilayah Kabupaten Katingan, dapat berjalan dengan lancar. (yfd/red)

Berita Terkait