Polres Katingan Gelar Latpraops, Ini Tujuannya

Polres Katingan menggelar Latpraops, Selasa (28/5/2019), di Rupatama Wirya Satya Mapolres setempat, di Kereng Pangi.

KASONGAN – Untuk memaksimalkan upaya pengamanan momentum jelang dan saat Lebaran Idul Fitri, Polres Katingan menggelar Latihan Pra Operasi (Latpraops) Selasa (28/5) di Rupatama Wirya Satya Mapolres setempat, di Kereng Pangi.

Giat tersebut dibuka Wakapolres Katingan Kompol OK Azhar didampingi Kabagops Kompol Donal Harianja serta diikuti para Kasat, Perwira staf dan anggota Polres Katingan yang terlibat dalam Sprin Operasi Ketupat Telabang 2019 Polres Katingan

“Latpraops ini untuk mematangkan persiapan pelaksanaan Operasi Ketupat Telabang 2019, sehingga dapat berjalan dengan lancar,” kata Wakapolres OK Azhar.

Ia menjelaskan, pelaksanaan Operasi Ketupat Telabang harus dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab dan disiplin.

“Tujuan dari kegiatan Latpraops tersebut untuk meningkatkan profesionalisme Polri dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2019, guna mewujudkan situasi yang aman, tertib dan lancar. Kemudian para anggota Satgas ditekankan agar bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan fungsi dan tugas pokok masing-masing,” kata dia.

Selain itu, tambahnya, personel Satgas juga harus mampu mengetahui perkembangan situasi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat), agar bisa melaksanakan pengamanan.

“Saya tekankan kepada seluruh anggota yang terlibat operasi agar meningkatkan kewaspadaan dan utamakan keselamatan saat jaga di Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan Lebaran,” ujar Azhar.

Para pihak yang ditunjuk memberikan paparan atau materi terkait pelaksanaan Operasi Ketupat yang diawali oleh Kabag Ops dilanjutkan Kasat Lantas dan Kasat Intelkam. Dengan adanya paparan tersebut diharapkan seluruh anggota yang terlibat dalam operasi tersebut betul-betul paham melaksanakan tugas.

“Pelaksanaan tugas harus sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur). Sehingga diharapkan tidak terjadi kesalahan dalam bertindak di lapangan,” ujarnya.

Pada Operasi Ketupat Telabang 2019, Polres Katingan menggelar dua pos. Pos Pelayanan Masyarakat yang bertempat di Jalan Tjilik Riwut Kilometer 2,5, arah Kasongan ā€“ Palangka Raya.

Sedangkan Pos Pengamanan bertempat di jalan Tjilik Riwut Kilometer 15 arah Katingan ā€“ Sampit, Kotawaringin Timur.

“Selain anggota Polri petugas Pos Pengamanan dan Pos Pelayanan juga melibatkan instansi terkait lainnya seperti anggota TNI, Perhubungan, Satpol PP, Kesehatan, BPBD, KBPPP, Saka Bhayangkara dan Dealer Bengkel,” kata Wakapolres Katingan.(yfd/il/red)

Berita Terkait