Presiden Resmikan Pengembangan Bandara Tjilik Riwut

Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana, jajaran Menteri, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, dan Kapolda Kalteng Irjen Pol Anang Revandoko mendengarkan penjelasan dari pihak pengelola terminal Bandara Tjilik Riwut pada rangkaian peresmian pengembangan bandara tersebut, Senin (8/4/2019).

PALANGKA RAYA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), meresmikan beroperasinya terminal baru Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Senin (8/4/2019).

Tiba di Palangka Raya sekitar pukul 16.40 WIB, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana, disambut prosesi adat dan tarian selamat datang. Setelahnya, Kepala Negara melakukan peninjauan fasilitas terminal baru yang dibangun dengan menggunakan dana keseluruhan mencapai sekitar Rp700 miliar.

“Terminal baru ini, dibangun untuk mendukung geliat perekonomian masyarakat Palangka Raya dan sekitarnya, yang dalam lima tahun terakhir bertumbuh positif. Kita harapkan bandara ini bisa menjadi sebuah motor pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah,” ungkap Presiden Jokowi usai meresmikan terminal Bandara Tjilik Riwut.

Menurutnya, hal itu terlihat dari jumlah penumpang yang meningkat sangat tinggi, serta pertumbuhan kargo yang juga tinggi.

“Hampir 4,6 tahun telah diselesaikan. Ini menyangkut anggaran kurang lebih Rp700 miliar yang semuanya dibebankan di APBN kita, baik untuk pembangunan terminal, taxi way, maupun perpanjangan runway,” tuturnya.

Terminal baru Bandara Tjilik Riwut tersebut memiliki luas 29.124 meter persegi dan dapat melayani hingga 2.200 pengguna jasa penerbangan setiap harinya.

Selain itu, terminal baru ini jauh lebih luas dibandingkan dengan terminal sebelumnya seluas sekitar 5.000 meter persegi, dan hanya mampu melayani penumpang hingga 600 orang per hari. “Artinya enam kali lipat sekarang ini. Besar sekali,” tukas Jokowi.

Turut hadir dalam acara peresmian ini di antaranya Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran. (il/red)

Berita Terkait