Program Pembangunan Perlu Sinergitas dan Sinkronisasi

H. Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Mengacu pada arah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, program pembangunan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 menekankan pemantapan struktur ekonomi. Hal ini dapat dilakukan melalui optimalisasi investasi dan peningkatan nilai tambah ekonomi produk unggulan daerah. Selain itu, sasaran dan target pembangunan 2020, sudah ditetapkan dalam RPJMD.

Sasaran dimaksud, di antaranya pertumbuhan ekonomi sebesar 7 persen, laju inflasi 4,1-4,2 persen, angka kemiskinan 4,5 persen, tingkat pengangguran terbuka 4 persen, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 71,60.

Menurut Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, guna mencapai target indikator tersebut diperlukan upaya dan dukungan Pemerintah Kabupaten dan Kota melalui sinergitas dan sinkronisasi program kegiatan pembangunan.

“Upaya itu, dapat dilakukan baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendaliannya,” kata Gubernur dalam sambutannya melalui Sekda Kalteng Fahrizal Fitri pada kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kalteng Tahun 2020 di Palangka Raya, Kamis (28/2/2019).

Ditegaskan, target kinerja pembangunan Provinsi Kalteng merupakan agregasi dari target kinerja pembangunan kabupaten dan kota di provinsi ini. Jadi, semua target capaian itu harus diperhatikan.

Di tempat sama, Kepala Bappedalitbang Kalteng Yuren S Bahat mengutarakan bahwa rancangan awal RKPD mengacu kepada RPJMD yang diturunkan pada Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah. Kemudian, melalui aplikasi Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD), ditarik menjadi Rancangan Awal RKPD Kalteng 2020.

“Jumlah program yang terdapat pada Rancangan Awal RKPD Kalteng tahun 2020 adalah sebanyak 544 program dengan 3.357 kegiatan. Dari jumlah kegiatan itu, total pagu anggaran 2020 nanti sebesar Rp2,4 triliun lebih,” ungkap Yuren. (redaksi)

Berita Terkait