Satu Siswi SMA 2 Katingan Hilir Tidak Ikuti UNBK

I Wayan Sutarta

KASONGAN – Hari pertama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Atas (SMA) 2 Katingan Hilir, Kabupaten Katingan, tidak semua diikuti oleh siswa yang sudah terdaftar si sekolah tersebut.

Pasalnya, ada seorang siswi yang terpaksa harus mundur, karena mengakhiri masa lajangnya alias menikah.

Kepala SMA Negeri 2 Katingan Hilir, I Wayan Sutarta membenarkan ada seorang siswa wanita di sekolahnya yang mundur mengikuti UNBK dengan alasan menikah.

“Dari 140 siswa di SMA 2 yang menjadi peserta UNBK, satu siswi kita mundur karena menikah,” kata I Wayan Sutarta kepada awak media di sela-sela pelaksanaan hari pertama UNBK‎ di sekolah tersebut, Senin (1/4) lalu.

‎Saat ditanya wartawan apakah siswi yang bersangkutan masih bisa mengikuti UNBK meski sudah menikah, Wayan enggan menjelaskan dari segi aturan. Namun, menurutnya, jika siswi itu ikut UNBK dengan status yang demikian, terlalu rumit.

Mengenai hari pertama pelaksanaan UNBK di SMA 2, kata Wayan, berjalan dengan lancar. Di mana hari pertama dilakukan sebanyak tiga sesi, yaitu pada pagi, siang dan sore peserta bergantian mengikuti ujian.

“Ada dua ruang yang kita gunakan untuk pelaksanaan UNBK untuk jurusan IPA dan IPS. Unit komputer sebanyak 35 buah untuk satu ruangan,” jelasnya. (mz/red)

Berita Terkait