Sejumlah Kepala Daerah Dukung Sugianto Dua Periode

Bupati Kobar Hj Nurhidayah SH MH, menerima Buku Putih PWI dari Ketua PWI Kalteng H Sutransyah, pada audiensi di Pangkalan Bun, Jumat (28/6) siang.

PALANGKA RAYA – Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2021-2026, tak lama lagi segera dimulai. Tahapan itu sendiri, rencananya akan dimulai pada Oktober 2019. Sedangkan pelaksanaannya, bersamaan dengan Pilkada serentak pada 2020 mendatang.

Salah satu nama kandidat yang banyak meraup dukungan untuk bersaing pada pesta demokrasi lima tahunan itu adalah gubernur saat ini, H Sugianto Sabran. Bahkan dukungan terbaru yang diterima Sugianto untuk maju ke Pilkada tahun depan, datang dari tokoh perempuan Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) Hj Nurhidayah SH MH.

Secara terbuka, wanita yang saat ini juga menjabat Bupati Kobar itu, menyampaikan dukungannya kepada Sugianto saat menerima audiensi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng H Sutransyah didampingi beberapa pengurus, di kediaman pribadinya, di Pangkalan Bun, Jumat (28/6/2019) siang.

Kepada pengurus PWI, Nurhidayah menyatakan dukungannya secara pribadi kepada figur Sugianto didasari sejumlah alasan. “Dukungan kepada beliau (Sugianto) sangatlah wajar. Beliau pantas dan memenuhi persyaratan kembali memimpin Kalteng untuk melanjutkan program-program pembangunan,” tukasnya.

Ditambahkannya, kepercayaan masyarakat terhadap sosok Sugianto untuk kembali menduduki posisi gubernur akan sangat menguntungkan bagi percepatan pembangunan daerah-daerah di Kalteng. Sebab, sinergi dan koordinasi antara gubernur dan kepala daerah di 14 kabupaten dan kota dalam membangun daerah sudah berjalan baik.

“Jadi, tinggal melanjutkan saja,” tegasnya, usai menerima Buku Putih PWI Kalteng dari H Sutransyah.

Tak hanya Nurhidayah, dukungan kepada Sugianto untuk melanjutkan kepemimpinan di Bumi Tambun Bungai dan Bumi Pancasila, juga disampaikan H Supian Hadi, sehari sebelumnya.

“Secara pribadi, saya sangat mendukung Bapak Sugianto Sabran untuk kembali menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Tengah di periode kedua,” kata pria yang telah menduduki jabatan Bupati Kotim dua periode, saat memberikan sambutan pada pelantikan Pengurus PWI Kabupaten Kotim, di Kamis (27/6/2019).

Menurutnya, dukungan kepada Sugianto didasari kinerja kepemimpinan yang bersangkutan di periode 2016-2021 yang masih berjalan. “Kepemimpinan beliau sudah sangat baik, sehingga layak memimpin di periode kedua untuk mewujudkan Kalteng semakin Berkah,” tandasnya.

Bahkan selain mendapat dukungan dari para kepala daerah di Kalteng, wacana Sugianto untuk maju ke Pilkada tahun depan juga datang dari sejumlah organisasi besar. Di antaranya dari Dewan Adat Dayak (DAD) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalteng. (il/red)

Berita Terkait