Sekda Instruksikan Penertiban Gepeng Jelang Ramadhan

Fahrizal Fitri

PALANGKA RAYA – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1440 Hijriah/2019 Masehi, Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri, menginstruksikan instansi terkait agar menertibkan gelandangan dan pengemis (gepeng), Rabu (10/4/2019).

Menurutnya, keberadaan gepeng di Kalteng tidak semua berasal dari penduduk lokal. Karena kebanyakan dari gepeng itu, merupakan pendudukan dari luar Kalteng. Bahkan mereka diduga sudah terorganisir.

“Biasanya kalau terorganisir, mereka (gepeng) terlihat dari logat dan menunjukkan bahwa bukan penyandang sosial dari Kalteng. Untuk mengantisipasi ini, kita kerja sama dengan Satpol PP dan Dinsos untuk melakukan penertiban,” kata Fahrizal.

Setelah dilakukan penertiban, langkah selanjutnya pihaknya akan menelusuri darimana gepeng tersebut berasal. Sebab, keberadaan gepeng lebih besar bersifat musiman. Salah satunya seperti pada bulan Ramadhan.

“Yang pasti, nanti akan dilakukan razia oleh Dinsos dan Satpol PP. Supaya pencari rezeki musiman ini, dapat ditertibkan” tutup Fahrizal Fitri. (il/red)

Berita Terkait