Seluruh Aparat Pemerintah Diminta Bekerja Sama Tangani Karhutla

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran bersama Kapolda Kalteng dan Danrem 102 Panju Panjung, melakukan diskusi usai melakukan pemadaman karhutla di sekitar Jalan Adonis Samad, Palangka Raya, Senin (12/8/2019).

PALANGKA RAYA – Semakin parahnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kalteng, menjadi perhatian Gubernur H Sugianto Sabran. Sehingga seluruh aparat pemerintahan di Bumi Tambun Bungai, diminta bekerja sama menangani Karhutla.

Pernyataan itu, disampaikan Gubernur Sugianto saat menggelar pertemuan dengan Camat, Lurah, RT/RW, Mantir, dan Damang se-Palangka Raya, di Istana Isen Mulang, usai turun langsung melakukan pemadaman di kawasan Adonis Samad, Palangka Raya, Senin (12/8/2019) sore.

Pertemuan itu diadakan, guna mendiskusikan tentang pencegahan dan penanggulangan Karhutla di sekitar lingkungan masyarakat. Sebab dia menilai, Karhutla yang terjadi diduga ada faktor kesengajaan dari beberapa pihak.

“Ini terbukti ketika kami bersama Tim Satgas Karhutla, mendapatkan bahan bakar di lokasi yang dipadamkan. Persoalan ini sudah kami bicarakan dengan Kapolda, dan tentunya nanti akan diproses,” terangnya.

Karenanya, Gubernur mengaku akan menindak tegas siapapun pelaku pembakaran hutan dan lahan, dan menyerahkannya kepada pihak berwajib agar diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sementara Kepada amat, Lurah, Ketua RT/RW, Mantir, dan Damang, Gubernur mengimbau agar semua bisa bekerja sama membantu pemerintah dan Satgas Karhutla, untuk menjaga daerahnya terhindar dari Karhutla.

“Saya minta semua turutserta membantu pemerintah untuk menjaga lingkungannya masing-masing jangan sampai terjadi kebakaran. Kepada masyarakat, saya minta tetap waspada, segera melapor, dan berusaha memadamkan jika terjadi kebakaran di sekitar tempat tinggal,” tegas Sugianto Sabran. (il/red)

 

Berita Terkait