Serapan Anggaran Selalu Menumpuk di Akhir Tahun

Bupati Katingan, Sakariyas menyampaikan arahan pada Rakordal Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan I Tahun 2019, di Aula Kantor Bappelitbang setempat, Kamis (18/4).

KASONGAN – Salah satu permasalahan yang menjadi momok bagi Pemerintah Kabupaten Katingan dalam pelaksanaan belanja daerah, adalah rendahnya‎ realisasi belanja pada awal tahun anggaran dan selalu menumpuk di akhir-akhir tahun anggaran.

Komentar itu dilontarkan Bupati Katingan, Sakariyas, dalam Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Kabupaten Katingan Triwulan I Tahun 2019, di Aula Kantor Bappelitbang setempat, di Kasongan, Kamis (18/4).

Menurut Sakariyas, dinamika pembangunan itu terbentuk disebabkan karena kurang matangnya persiapan, termasuk proses pelaksanaan pengadaan barang/jasa pemerintah.

“Dampaknya, anggaran yang sudah tersedia di awal tahun dan merupakan hak masyarakat untuk menikmatinya melalui belanja pemerintah, tidak terealisasi,” kata Sakariyas.

Menghadapi kondisi tersebut, Bupati meminta kepada seluruh perangkat daerah untuk berkomitmen dan konsekuen terhadap jadwal pelaksanaan program/kegiatan tahun anggaran 2019 ini, sesuai dengan waktu yang ditentukan.

“Dengan tepat waktu, maka dapat mempercepat penyerapan APBD, yang menjadi salah satu stimulan laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Katingan,” pungkasnya. (yfd/red)

Berita Terkait