SMAN 1 Mentaya Hilir Utara Bagi-bagi Takjil

Siswa SMAN 1 Mentaya Hilir Utara saat membagikan takjil kepada pengguna Jalan HM Arsyad KM 27 Bagendang Sampit, Kamis (16/5/2019).

SAMPIT – Dalam rangka penguatan pendidikan karakter terhadap siswa, SMAN 1 Mentaya Hilir Utara, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) melakukan kegiatan positif yang patut dicontoh, yakni bagi-bagi takjil kepada pengguna Jalan HM Arsyad KM 27 Bagendang pada Kamis (16/5/2019).

Kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas X dan XI ini merupakan rangkaian dari Pesantren Ramadan SMAN 1 Mentaya Hilir Utara, yang dilaksanakan mulai tanggal 14-16 Mei 2019.

“Kegiatan ini rangkaian dari pesantren Ramadan yang ditutup sore tadi, selain itu, sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter terhadap siswa, sehingga siswa mampunyai berkarakter positif nantinya,” kata Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan Titi Ari Wigati SPd.

Dijelaskan, bagi-bagi takjil ini semua prosesnya dilakukan oleh siswa, mulai dari pengolahan, pengepakan sampai pembagiannya.

“Takjil yang dibagikan merupakan hasil dari kreasi para siswa, tidak ada beli makanan jadi, semuanya beli bahan dan kemudian membuat sendiri. Ini mengajarkan agar siswa mampu mandiri, bertanggung jawab dan dapat berbagi dengan sesama,” tambah Titi.

Sekitar 500 bungkus takjil untuk buka puasa dibagikan kepada warga yang melintasi Jalan HM Arsyad di KM 27 Bagendang, baik yang berkendaraan roda dua ataupun roda empat.

“Bulan ramadan merupakan momen yang tepat untuk berbagi. Kegiatan yang didukung sepenuhnya oleh Kepala Sekolah ini mendapat respon positif dari masyarakat. Semoga apa yang dilakukan oleh siswa SMA 1 Mentaya Hilir Utara ini menjadi pelopor kegiatan positif di bulan Ramadan ini,” tutur Guru Bahasa Indonesia ini.

Sementara itu, Khusnul Khotimah (37), Desa Sumber Makmur, mengaku tidak menyangka akan ada bagi-bagi takjil oleh siswa SMAN 1 Mentaya Hilir Utara kepada pengguna jalan.

’’Ya bagus, bisa berbagi dengan sesama. Saya tidak nyangka ada bagi-bagi takjil kepada pengguna Jalan HM Arsyad ini. Soalnya biasanya kalau ada buka bersama, ya di sekolah saja,” tukasnya. (yfd/red)

Berita Terkait