Supian Hadi Apresiasi Munculnya Sejumlah Nama Calon Penggantinya

Bupati Kotim Supian Hadi menghadiri pelantikan Pengurus PWI Kotim di Sampit, Kamis (27/6/2019).

SAMPIT – Selain pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) juga akan menyelenggarakan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah pada 2020 mendatang.

Di kabupaten berjuluk Bumi Habaring Hurung itu, sejumlah nama kandidat bakal maju sebagai calon bupati dan wakil bupati sudah ramai bermunculan.

Bupati Kotim, Supian Hadi mengaku menyambut baik munculnya nama-nama calon bakal calon Bupati yang kini mulai mengemuka khususnya di media-media massa.

Bahkan, Bupati berharap, bukan hanya putra terbaik daerah, para kaum putri Kotim inipun selayaknya berani tampil untuk memimpin daerah.

Dia melanjutkan, di tengah dinamika mencuatnya nama-nama figur yang layak dipilih menjadi kepala daerah Kotim ini, dirinya secara pribadi akan memberi dukungan kepada seluruhnya, tanpa mengarah kepada satu figur.

“Jadi, kawan-kawan pers jangan tanya saya merekomendasikan figur yang mana. Mereka semua teman saya, sahabat saya, dan semuanya putra-putra terbaik daerah. Saat ini, saya memilih fokus dulu membangun Kotim di sisa masa jabatan,” ujarnya.

Bupati meminta, semua pihak termasuk insan pers dan media massa mendukung serta mengawal proses demokrasi lima tahunan tersebut dengan baik.

Terkait siapa yang akan terpilih, dia mempercayakannya kepada masyarakat luas selaku konstituen.

“Masyarakat Kotim ini sudah cukup dewasa dalam berpolitik. Bahkan menjadi salah satu barometer pemilihan kepala daerah di Indonesia. Terbukti, proses pemilihan Presiden, Wakil Presiden, dan anggota Legislatif lalu bisa berlangsung aman dan tertib. Ini juga berkat dukungan peran pers, saya sampaikan terima kasih atas peran rekan-rekan wartawan,” ujar Supian Hadi.

Pernyataan Supian Hadi di hadapan sejumlah pejabat daerah dan puluhan wartawan di Kotim ini disampaikannya sebagai tanggapan atas pernyataan Ketua PWI Kalteng H Sutransyah sebelumnya, di kegiatan yang sama.

Usai melantik jajaran pengurus baru PWI Kotim periode 2019-2022, Sutransyah menyebut sejauh ini telah muncul beberapa nama di media massa yang dianggap layak memimpin Kotim, lima tahun ke depan. Nama-nama itu, antara lain, Ermal Subhan, Halikinnor, dan Nurul Edy.

Sutransyah menyebut, figur-figur putra daerah Kotim yang mengemuka tersebut memang layak diberikan kepercayaan, mengingat memiliki track reccord kepemimpinan yang baik.

Dia merinci, nama Ermal Subhan yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas ESDM Provinsi Kalteng telah memilik pengalaman panjang dan prestasi di birokrasi. Ermal merupakan mantan Kepala Dinas Pertambangan Kotim, dan pernah menjabat sebagai Plt Bupati Kapuas.

“Prestasi beliau memimpin Dinas ESDM juga bagus, terbukti dengan mampu meningkatkan PAD Provinsi Kalteng dari royalti bidang pertambangan sepanjang beliau menjabat. Tahun 2016, sebesar Rp400 miliar, 2017 naik menjadi Rp800 miliar, tahun 2017 menjadi Rp1,7 triliun, dan 2018 lalu naik lagi menjadi Rp2,1 triliun,” ujar Sutransyah.

Dia melanjutkan, figur Halikinnor yang kini menjabat sebagai Asisten Setda Kabupaten Kotim juga layak dikedepankan. Karena memiliki pengalaman di antaranya pernah menjabat sebagai Camat Kotabesi dan sejumlah jabatan penting lainnya di daerah.

Sedangkan figur H Nurul Edy, senioritas dan komitmennya dalam membangun daerah sudah tak perlu diragukan lagi. Nurul Edy yang kini menjabat sebagai Asisten II Setda Provinsi Kalteng pernah menduduki berbagai posisi di birokrasi dari kabupaten hingga provinsi.

Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Camat Samuda, kemudian Sekretaris Dewan di DPRD Kabupaten Katingan, naik menjadi Kepala Dinas Perdagangan Kalteng, Kepala BKPP Provinsi Kalteng, Kabanlinmas Provinsi Kalteng, dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng. (yfd/red)

Berita Terkait