Tiga Tahun Kepemimpinan SOHIB Banyak yang Telah Dicapai

PALANGKA RAYA – Tiga tahun kepemimpinan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Habib Said Ismail (SOHIB), terdapat banyak hal yang telah dicapai dalam membangun Bumi Tambun Bungai ini pada sejumlah bidang.

Capaian itu di antaranya yakni peningkatan pelayanan kesehatan, peningkatan pembangunan infrastruktur jalan, peningkatan pendapatan daerah, serta berhasil mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Fahrizal Fitri, belum lama tadi, menyebutkan, di bidang kesehatan Pemprov Kalteng telah memberikan Kartu JKN Kalteng Berkah sebanyak 90.582 jiwa, dan akan membangun Rumah Sakit kelas A.

Karenanya diharapkan dengan meningkatnya penerima Kartu JKN dan bertambahnya fasilitas kesehatan, maka Iayanan di bidang kesehatan dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, dan juga meningkatkan taraf kualitas kesehatan masyarakat.

“Gubernur telah menegaskan pada setiap kesempatan, bahwa tidak ada lagi masyarakat tidak mampu yang ditolak pada fasilitas kesehatan yang tersedia di wilayah Kalteng,” tegasnya.

Sementara di bidang sarana prasarana dalam rangka pemerataan pembangunan sampai ke pelosok, serta membuka keterisolasian. Salah satunya, telah dilakukan pembangunan jalan prioritas di Jalan Provinsi dengan mekanisme multiyears contrac sebesar Rp1,35 triliun.

“Anggaran itu, dibagi dalam tiga wilayah seperti wilayah timur tiga ruas jalan, wilayah tengah 10 ruas jalan, dan wilayah barat sembilan ruas jalan,” ungkapnya.

Sedangkan dari sisi pendapatan daerah, lanjut Sekda, juga terjadi peningkatan cukup signifikan dalam tiga tahun terakhir, yaitu pada 2016 pendapatan Rp3,5 triliun meningkat sampai Rp4,7 triliun di 2018, seeta tahun berjalan 2019 serapan cukup tinggi. Di mana total target Rp5,15 triliun sudah tercapai sebesar Rp1,47 triliun, atau sudah 28,48 persen dari target yang ditetapkan.

Di samping itu, Pemprov Kalteng pada 2018 dalam Laporan Keuangan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI Perwakilan Kalteng meraih predikat Opini WTP.

Opini WTP sudah diraih lima kali berturut-turut, yakni pada 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018. (il/red)

Berita Terkait