UPR Sosialisasikan Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

Rektor UPR Dr Andrie Elia memaparkan komdisi UPR saat ini dalam dalam acara Sosialisasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Aula Diknas Provinsi Kalteng di Palangka Raya, Senin.(17/11/2019).

PALANGKA RAYA – Universitas Palangka Raya (UPR) sebagai kampus terbesar dan tertua di Kalteng, mulai menyosialisasikan bagaimana proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020.

Sosialisasi bertempat di Aula Berkah, Dinas Pendidikan Kalteng di Palangka Raya, Senin (18/11/2019) ini, diikuti para kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, dewan guru serta komite sekolah.

Rektor UPR Dr Andrie Elia SE MSi dalam paparannya menuturkan, dalam penerimaan mahasiswa baru terbagi dalam tiga jalur.

Ketiga jalur dimaksud, adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

Kepada para peserta, Rektor mengimbau agar mendorong siswanya untuk berkuliah di UPR. Sehingga akan lebih banyak lagi putra putri Kalteng yang kuliah di daerahnya sendiri.

“Terlebih saat ini, hampir semua jurusan dan program studi rata-rata sudah terakreditasi B. Bahkan ada Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang terakreditasi A,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Ketua Harian DAD Kalteng ini, di UPR juga terdapat delapan fakultas, 42 program studi S1, 11 program studi S2, serta satu program studi S3.

“Berkat kerja keras dan usaha semua jajaran, sekarang UPR versi Webometrics sudah masuk peringkat 55 nasional, dari yang sebelumnya peringkat 174 nasional,” ungkap Andrie Elia.

Diakui Rektor, hingga saat ini banyak warga dari daerah Kalteng yang kuliah di UPR. Padahal kita menginginkan lebih banyak orang Kalteng. Dengan harapan, kedepan mereka akan mengabdi dan mengembangkan ilmu pengetahuannya di daerah ini.

Sementara itu, Plt Kepala Disdik Kalteng Mofit Saptono melalui Kabid SMA menuurkan, kegiatan sosialisasi itu terlaksana untuk menindaklanjuti pertemuan tim UPR dengan Disdik beberapa waktu lalu.

“UPR waktu itu, menyampaikan hal-hal yang berkenaan dengan penerimaan mahasiswa baru dan lainnya. Setelah menyampaikan tentang UPR, Pak Kadis langsung merespon positif hal tersebut,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, kepala sekolah, ketua komite, dan dewan pendidikan diundang untuk mendengar langsung tentang penerimaan mahasiswa baru, Beasiswa Bidik Misi Kalteng Berkah, dan sebagainya.

“Semoga apa yang disampaikan tim UPR melalui Pak Rektor, dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan, dan pengembangan sumber daya manusia di Kalteng,” tutupnya. (il/red)

Berita Terkait