Gubernur Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Karhutla

H Sugianto Sabran

PALANGKA RAYA – Status Tanggap Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kini resmi diberlakukan di Provinsi Kalimantan Tengah.

Penetapan Status Tanggap Darurat Bencana Karhutla ini ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalteng Nomor 188.44/485/2019, tanggal 18 September 2019.

Dalam SK yang ditandatangani Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran tersebut berisi tujuh poin, masing-masing sebagai berikut:

Kesatu : Penetapan status keadaan Darurat Bencana Karhutla di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019 dari status Siaga Darurat menjadi status Tanggap Darurat.

Kedua : Status Tanggap Darurat sebagaimana dimaksud pada diktum Kesatu berlaku selama 14 (empat belas) hari, terhitung sejak tanggal 17 September 2019 sampai dengan tanggal 30 September 2019.

Ketiga : Membentuk Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Tengah, dengan struktur, susunan dan keanggotaan serta uraian tugas sebagaimana tercantum dalam lampiran yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Keputusan Gubernur ini.

Keempat : Jangka waktu status Tanggap Darurat sebagaimana dimaksud pada diktum Kedua, dapat diperpanjang atau dipersingkat sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan penanganan darurat bencana di lapangan.

Kelima : Personil Pos Komando Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Kalimantan Tengah, ditetapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah atas nama Komandan Penanganan Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan.

Keenam : Biaya yang timbul akibat diterbitkannya Keputusan Gubernur ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Kalimantan Tengah dan bantuan pihak ketiga yang sah dan tidak mengikat.

Ketujuh : Keputusan Gubernur ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.

SK penetapan status Tanggap Darurat Karhutla ini, juga diumumkan Gubernur dalam Rakor Penanggulangan Karhutla Tingkat Provinsi Kalteng di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Kamis (19/9/2019).(mz/red)

Berita Terkait