HAKI Poin Penting Pendorong Akreditasi

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Palangka Raya DR Berkat MSi.

PALANGKA RAYA – Pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) menjadi poin penting dalam mendorong akreditasi program studi, jurusan, dan fakultas hingga perguruan tinggi. Karena itu, dosen, pengajar, peneliti, dan guru besar, hendaknya mendaftarkan karya ilmiah, hasil penelitian, disertasi maupun buku.

Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran, dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Palangka Raya (UPR) DR Berkat MSi mengungkapkan, pendaftaran karya para dosen untuk memiliki HAKI, perlu didorong. Pasalnya dalam pendaftaran akradetasi perguruan tinggi, fakultas, program studi, dan jurusan, ada poin HAKI yang harus diisi.

“Kalau kita tidak punya karya yang terdaftar di HAKI, tentu penilaiannya tidak ada. Itu yang menyebabkan akraditasi sulit diangkat,” ungkap Berkat.

Ia meminta, Rektor UPR DR Andrie Elia Embang SE MSi, bisa mendorong pendaftaran HAKI terhadap karya yang dihasilkan Civitas Akademika. Dengan begitu, target menuju UPR Jaya Raya, akan semakin mudah tercapai.

Program prioritas UPR sekarang, jelas Berkat, mengejar akreditasi. Mana yang akreditiasnya masih C, akan ditingkatkan menjadi B. Bahkan fakultas yang akreditasinya sudah B, akan ditingkatkan menjadi A.

“Itu program yang bagus untuk mewujudkan UPR Jaya Raya. Sekarang sudah waktunya dikejar. Salah satunya dengan mendaftarkan berbagai karya yang dimiliki untuk mendapatkan sertifikat HAKI,” tegas Berkat.(redaksi)

Berita Terkait