Ini Prakiraan Cuaca Kalteng

PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kalteng, menyebutkan, prakiraan curah hujan September Dasarian II sampai dengan Oktober Dasarian I 2019, secara umum berada pada kriteria rendah hingga menengah atau kisaran 0-75 mm.

Berdasarkan informasi yang diperoleh uprjayaraya.com dari BMKG Kalteng, Rabu (4/9/2019), prakiraan September dasarian II, curah hujan di sebagian besar Kalteng akan berada pada kriteria rendah atau kisaran 0-10 mm, dan diprakirakan akan sangat kering.

Kabut asap tipis kembali menyelimuti Kota Palangka Raya. Pada pagi hari, kabut asap tersebut sangat terasa, seperti di Jalan Tjilik Riwut Km 4 ini, Rabu (4/9/2019).

Sedangkan untuk prakiraan curah hujan pada dasarian selanjutnya, wilayah utara memiliki curah hujan yang lebih tinggi daripada wilayah tengah dan selatan Kalteng, yakni pada kisaran 50-75 mm. Selain itu, bagian pesisir diprakirakan akan mengalami curah hujan paling rendah pada kisaran 0-10 mm.

Di sisi lain sifat hujan di wilayah Kalteng pada September dasarian II, seluruhnya berada pada kriteria bawah normal antara 0 persen hingga 84 persen, dibanding curah hujan normal.

Kemudian prakiraan sifat hujan pada September dasarian III, diprakirakan berada pada bawah normal hingga atas normal antara 31 persen hingga lebih dari 200 persen dibanding curah hujan normal.

Sementara dasarian selanjutnya, diprakirakan berada pada kriteria sifat hujan bawah normal hingga normal antara 0 persen hingga 85 persen dibanding curah hujan normal. (il/red)

Berita Terkait