Pangeran Brunei Takjub dengan Kebersihan Air Sungai Sebangau

Pangeran Yura (tengah berambut putih) bersama rombongan, foto bersama jajaran Pemko Palangka Raya di Dermaga Kereng Bangkirai usai susur Sungai Sebangau.

PALANGKA RAYA – Pangeran Brunei Darussalam Yura Kesteria PSN Haji Md Yusuf yang juga CEO BIMP-EAGA, mengaku sangat takjub dengan kebersihan dan kejernihan “air hitam ” Sungai Sebangau, Palangka Raya.

Ketakjuban Pangeran Yura,  tampak saat kunjungan dan melakukan susur sungai di kawasan Wisata Alam Kereng Bangkirai bersama rombongan, didampingi jajaran Pemko Palangka Raya, Kamis (4/4/2019) sore.

“Ini air hitam kalau diantar ke laboratorium dan didapati mengandung mineral yang bagus dan bersih, dapat dikemas secara baik dan diproses sebagai air herbal,” ungkapnya.

Keinginan meneliti khasiat air Sungai Sebangau, didapat dari informasi yang diperolehnya ketika melakukan susur sungai.

Saat itu, dia mendapat informasi jika air Sungai Sebangau dulunya dimanfaatkan masyarakar sekitar untuk keperluan sehari-hari.

Bahkan, air tersebut juga dipercaya orang tua dahulu sebagai obat alami. Karena warna air yang tampak hitam kemerahan, diperoleh dari proses alami akar tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar Sungai Sebangau.

Di sisi lain, di sekitar kawasan Sungai Sebangau juga tidak ditemukan adanya aktivitas penambangan emas. Dengan begitu, hampir dapat dipastikan air Sungai Sebangau tidak terkontaminasi merkuri. (il/red)

Berita Terkait