Penyebab Banjir di Tumbang Samba Akibat Drainase Tak Terawat

Pemkab Diminta Lakukan Perbaikan

Rudi Hartono

KASONGAN – Faktor utama yang diduga menjadi penyebab banjir di wilayah Desa Tumbang Samba, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, baru-baru ini, adalah sistem pembuangan air alias drainase yang tidak terawat.

Pemerintah Kabupaten Katingan melalui Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP) harus segera melakukan perbaikan.

Hal itu diakui Rudi Hartono, salah seorang tokoh masyarakat setempat, yang juga saat ini dipastikan akan duduk sebagai anggota DPRD Katingan mewakili daerah pemilihan tiga.

Banjir dadakan melanda beberapa kawasan di Tumbang Samba, Katingan, baru-baru ini.

“Selama sekitar tujuh tahun drainase yang ada di Desa Tumbang Samba ini tidak pernah dirawat, dan dibiarkan begitu saja oleh pemerintah daerah,” sebut Rudi Hartono kepada uprjayaraya.com, Rabu (22/5/2019).

Lantaran tidak adanya perawatan itulah, kata dia, fisik drainase menjadi buntu dan volume tampung air semakin berkurang. “Hampir seluruh drainase yang ada di Tumbang Samba ini kondisinya rusak. Jadi saat musim hujan seperti kemarin, air akan tergenang lama dan terjadi banjir,” ungkapnya.

Politikus Partai Golkar ini berharap agar Pemerintah Daerah setempat jangan hanya duduk diam menyaksikan kondisi drainase itu. Harus ada tindakan nyata untuk memperbaikinya.

“Lembaga eksekutif harus secepatnya memperbaiki drainase di Tumbang Samba ini. Karena jika dibiarkan, akan kembali terjadi banjir. Bisa kita lihat banyak sekolah yang libur karena banjir. Ini akan saya perjuangkan nantinya di gedung wakil rakyat,” tegas Rudi Hartono. (yfd/red)

Berita Terkait