Potensi Rotan di KPHP Katingan Hulu Sangat Besar

Review hasil studi pemetaan potensi resolusi konflik terhadap pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan ekosistem di KPHP Katingan Hulu Unit XVII, beberapa waktu lalu.

PALANGKA RAYA – Kawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Katingan Hulu Unit XVII, memiliki potensi rotan cukup besar. Sayangnya, potensi melimpah itu belum dikelola secara maksimal agar menghasilkan manfaat bagi warga sekitar.

Hal ini terungkap dalam kegiatan konsultasi publik studi pemetaan potensi resolusi konflik terhadap pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan lingkungan ekowisata di KPHP Katingan Hulu Unit XVII, di CIMTROP Universitas Palangka Raya, beberapa waktu lalu.

“Selain rotan, sumber daya alam yang cukup melimpah di kawasan KPHP Katingan Hulu ini di antaranya berupa sayuran hutan, penghasil ekstrak, getah, ubi hutan, kosmestik hutan, ikan, aren dan bambu,” kata Renhart Jemi, ketika menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Ia menjelaskan, penelitian di kawasan tersebut dilakukan selama tiga bulan dan melibatkan responden seperti tokoh masyarakat/adat, pemerintahan desa dan pelaku usaha.

Studi dilaksanakan pada delapan desa di Kecamatan Katingan Hulu, Petak Malai, Marikit dan Sanaman Mantikei. Kecamatan tersebut masuk di kawasan KPHP Katingan Hulu Unit XVII.

“Tujuan studi ini untuk mengindentifikasi serta memetakan sebaran konflik terhadap pemanfaatan hasil hutan bukan kayu dan jasa lingkungan di kawasan KPHP Katingan Hulu Unit XVII,” jelasnya. (yfd/red)

Berita Terkait